Menekuni Usaha Membuat Bonsai Mame Yang Unik

Mame Bonsai saat ini terbilang bonsai terbaru yang sangat unik, dimana tidak setiap orang mampu berkreasi dalam membuat bonsai jenis yang satu ini.

i 82

Bonsai Mame sangat sulit dalam pembuatannya, mereka harus ahli dan profesional dibidang perbonsaian dimana pengetahuan dasar tentang karakter pohon harus benar – benar dikuasai di samping mengetahui komposisi media tanam yang tepat untuk menanam Mame Bonsai.

Mame Bonsai yang beredar di pasaran saat ini terbagi menjadi beberapa ukuran :

  • Mame Bonsai Utama.
  • Chiu Bonsai.
  • Dai Bonsai.

Dikalangan para pecinta bonsai, ukuran Mame Bonsai masih menjadi bahan perdebatan beberapa pakar bonsai. Di antara mereka ada yang menyebutkan bahwa Mame Bonsai yang standar adalah berukuran antara 1 – 5 cm, ada juga yang mengatakan 1 – 10 cm bahkan perdebatan terakhir menyebutkan bahwa Mame Bonsai standar memiliki ketinggian 15 cm.

Terlepas dari semua perdebatan itu, pada dasarnya ukuran standar Mame Bonsai sangat mudah ditebak apalagi oleh pecinta bonsai di Indonesia atau mancanegara sudah bisa mengetahuinya secara sepintas saja melalui naluri seni yang mampu berbicara banyak tentang masalah ini.

Bahwa cara termudah buat mengetahui ukuran masing – masing bonsai adalah bisa dibedakan dari jenisnya, yang paling sulit adalah Mame Utama dan Mame Chiu.

Di samping faktor ukuran standar bonsai yang menyebabkan banyak peminat calon bonsai yang kesulitan dalam memilih mana bonsai Mame dan mana bonsai biasa, anda bisa membedakannya dari gaya atau model pada masing – masing bonsai yang memang sulit untuk dinilai secara kasat mata.

1. Bonsai Mame yang paling banyak memiliki penggemar adalah Bonsai Mame sebesar ibu jari si pemegang Bonsai Mame tersebut, diketahui bonsai ini berukuran kurang dari 10 cm dan layak untuk disebut sebagai sebuah Bonsai Mame, harga per buah adalah sangat mahal yaitu di atas 1 juta rupiah.

2. Bonsai Cypress rata – rata berukuran Bonsai Mame, tapi membuatnya tidak seperti Bonsai Mame pada umumnya yaitu penempatan pohon ini memakai gaya On the Rock. Bonsai Mame jenis ini biasa dikembangkan di atas batu atau boleh dikatakan lebih mirip dengan Bonsai Penjing, namun bedanya adalah Bonsai Mame Cypress dibuat tanpa ornamen pendukung seperti bonsai berbuah atau berbunga.

3. Pohon Juniperus Chinensiss termasuk ke dalam kategori Bonsai Mame karena dinilai dari ketinggian pohon tersebut dari permukaan tanah hingga kulit pohon yang hidup subur, jika di ukur sampai ke ujung pohon ( pucuk ) adalah digolongkan ke dalam ukuran Chiu Bonsai.

Baca Artikel Lainnya :

4. Bonsai Pinus yang eksotik, penanaman bonsai ini haruslah dilakukan oleh seorang ahli bonsai. Media yang kecil harus mampu memberikan hara dalam jumlah mencukupi, walaupun daun masih terlihat agak panjang seperti tanaman bonsai biasa namun keindahan bonsai ini bisa terlihat berbeda dari bonsai biasa.

Demikian info yang bisa kami bagi, semoga bermanfaat bagi anda para pelaku bisnis UKM yang baru menggeluti dunia perbonsaian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *