Menengok Asal Usul Gitar

Gitar merupakan alat musk petik yang cukup populer dimainkan oleh anak muda, namun tahukah Anda mengenai asal usul alat musik yang satu ini. Memang jarang sekali yang mengetahui sejarah tersebut. Gitar sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan sebuah sumber menyebutkan bahwa alat musik petik tersebut sudah hadir semenjak 3300 tahun yang lalu dengan adanya gambar penyair dari kerajaan Hittite yang memegang dan memainkan alat tersebut.

fi 19

Umumnya gitar yang ada di zaman dulu berbeda dengan sekarang ini, karena belum mempergunakan sound dan listrik sama sekali, bisa dibilang sebagai gitar akustik biasa. Nama gitar sendiri berasal dari penggambaran sebuah soundboard datar yang terbuat dari kau panjang, memiliki leher dan juga senar yang dapat menghasilkan sebuah bunyi saat seseorang memetiknya. Kata ‘gitar’ dalam bahasa Indonesia sendiri sebenarnya adalah adaptasi dari bahasa Inggris dan arab Andalusia.

Asal usulnya sendiri selama ini masih menjadi perdebatan karena belum ada yang menemukan secara pasti negara mana yang pada awalnya membuat gitar. Ada yang menyebutkan bahwa sebenarnya alat musik tersebut adalah keturunan dari kithara Yunani, gittern Eropa barat dan juga vihuela dari Spanyol. Dalam sebuah puisi yang berjudul the book of good love juga disebutkan bahwa ada alat musik awal yang bernama guitarra morisca dan guitaraan latena, semuanya mengenal dengan nama gittern.

Gitar modern seperti yang sudah kita lihat sekarang ini sebenarnya mulai hadir sejak zaman renaissance. Di masa ini gitar sudah memiliki 4 dawai yang bisa kita lihat seperti sekarang ini, dari sini sebenarnya bisa dilihat bahwa gitar modern memiliki kesamaan dengan vihuela yang berasal dari Spanyol, konstruksi awalnya sangat serupa yang membedakan adalah jumlah course atau dawai, vihuela memiliki 6 buah sedangkan gitar biasa hanya 4.

Hingga abad ke 16 vihuela sebenarnya masih menjadi alat musik yang sangat populer di Spanyol. Karena itu banyak model-model gitar yang terinspirasi dari bentuk vihuela tersebut.

Dalam perkembangannya banyak diadakan eksperimen untuk mengaplifly getaran pada alat musik berdawai, eksperimen tersebut sudah dilakukan jauh di awal abad ke 20 dan hasilnya yang bisa dirasakan adalah terciptanya gitar listrik yang bisa menghasilkan bunyi secara lebih keras. Jenis gitar ini awalnya memang sudah di desain sejak lama, namun belum ada yang membuat. Namun salah satu perusahaan ternama mengubah namanya dan berorintasi dalam pembuatan gitar elektrik tersebut.

Gitar sendiri terbagi atas beberapa jenis mulai dari perkembangan yang paling awal yaitu akustik hingga yang ada di masa kini yaitu elektrik, umumnya tak hanya anak muda dan orang tua saja yang gemar memainkan alat musik petik tersebut, namun kebanyakan sudah belajar mulai anak-anak.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *