Menengok Museum Geologi Bandung untuk Liburan Bermanfaat

Pergi berlibur bersama anak-anak akan lebih memberikan manfaat apabila meluangkan waktu berkunjung ke Museum Geologi Bandung. Museum Geologi Bandung merupakan salah satu museum yang berada di sebuah bangunan bersejarah. Museum yang berada Jl. Diponegoro No. 57, Bandung ini mengalami renovasi beberapa kali. Pada tahun 2000 renovasi terakhir selesai dan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri kemudian dibuka kembali.

fia 90

Melihat Isi Dalam Museum

Museum Geologi Bandung memiliki dua lantai, masing-masing lantai kemudian dibagi lagi menjadi beberapa ruang. Menyesuaikan dengan koleksi yang dipamerkan, diantaranya:

  1. Lantai satu,

Lantai satu pada museum dibagi lagi menjadi tiga ruangan, yakni ruangan tengah, barat, dan juga ruangan bagian timur. Pada ruangan tengah Kita bisa melihat layar lebar untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan museum tersebut. Sementara di ruangan barat Kita bisa melihat koleksi manusia purba, sistem tata surya, serta adanya koleksi bebatuan alam. Kemudian di ruangan timur tersedia informasi mengenai proses pembentukan batuan, fosil, dan lain sebagainya.

  1. Lantai dua,

Sama halnya dengan lantai satu, pada lantai dua Museum Geologi Bandung ini juga terbagi lagi menjadi tiga ruangan. Ruangan di bagian tengah berisi informasi mengenai pertambangan emas terbesar di Indonesia, yakni di Irian Jaya. Terdapat market lokasi pertambangan, bebatuan asal Irian Jaya, miniatur proses penambangan seperti pengeboran dan lain sebagainya.

Sementara untuk ruangan di bagian barat oleh pengelola museum digunakan sebagai ruang staff pengurus museum. Ruangan di bagian timur sendiri berisi koleksi mineral bumi, manfaatnya dan juga mengenai cara memanfaatkan mineral tersebut.

Akses Menuju Museum

Museum Geologi Bandung berada di sebuah bangunan kuno yang tentunya sangat menyita perhatian sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Berdiri di Jalan Diponegoro menjadikannya berada di lokasi yang strategis di tengah kota.

Mencapai museum sangatlah mudah meskipun tidak membawa kendaraan pribadi karena memang ada banyak angkot yang melintasi kawasan museum. Adapun angkot yang akan melalui kawasan museum adalah angkot nomor 10 warna kuning hijau dan juga nomor 5 yang berwarna hijau dan hitam.

Jam Buka Museum

Museum geologi Bandung memiliki jam operasional yang berbeda dalam kurun satu minggu, pada hari Senin hingga Kamis museum buka sejak jam 9.30 pagi hingga 15.30 sore. Sementara saat hari Sabtu dan juga Minggu maka museum mulai buka pada jam 0.9.00 pagi sampai 13.30 siang.

Museum akan tutup pada hari Jumat dan pada hari libur atau tanggal merah. Adapun mengenai biaya masuk, maka tarif untuk anak sekolah adalah Rp 2.000 saja, sementara untuk orang dewasa adalah Rp 3.000. Kemudian untuk para pengunjung dari negara lain atau turis dikenai biaya masuk sebesar Rp 10.000 saja.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *