Mengapa Anda Tidak Harus Sering-Sering Mandi ?

Kegiatan mandi sebenarnya adalah aktivitas yang mencakup tiga hal: kebersihan, kultur adat, dan juga kebutuhan personal. Namun, hal tersebut tidak mendefinisikan secara jelas seberapa sering seharusnya kita mandi dalam satuhari.

Menurut beberapa survei, 65 persen orang di seluruh dunia mandi setiap hari, 21 persen lainnya mandi sekali dalam dua hari, 10 persen lainnya mandi sekali dalam seminggu, dan sisanya sebanyak 4 persen mengaku mandi lebih dari sekali dalam sehari.

s 209

Menurut Dr Elizabeth, seorang penelit idari Lancaster University, mandi setiap hari merupakan budaya baru kurang dari satu abad yang lalu dan bukan merupakan warisan zaman dulu. Menurutnya, orang zaman dulu biasanya menganggap mandi adalah aktivitas yang dilakukan kira-kira setiap seminggu sekali.

Beberapa peneliti lain turut buka suara mengenai hal ini. Sebagian berasumsi bahwa budaya dan kebiasaan mandi setiap hari turut dipengaruhi oleh maraknya iklan dari produk kecantikan dan perawatan tubuh di berbagai media.

Iklan-iklan tersebut seperti sebuah sugesti bagi para audiens untuk terus menerus menjaga tubuh mereka dengan mandi secara rutinsetiap harinya, bahkan tak cukup bila hanya sekali dalam sehari.

Sementara itu Dr. Sanjay Jain, seorang pengarang buku “Optimal Living 360” dan juga seorang peneliti yang memiliki focus terhadap keseimbangan tubuh dan pikiran mengatakan bahwa setidaknya ada beberapa konsiderasi yang dapat diperhatikan dalam menentukan keharusan mandi.

Beberapa konsiderasi itu adalah kondisi lingkungan sekitar, tingkat aktivitas yang Anda lakukan, dan pengetahuan tentang kondisi tubuh Anda.

Kondisi lingkungan yang lembab menyebabkan tubuh Anda menarik lebih banyak debu dan kotoran dibandingkan dengan kondisi lingkungan yang kering lantas mensyaratkan Anda untuk lebih sering mandi.

Selain itu, padat dan beratnya aktivitas yang Anda lakukan juga mengharuskan Anda untuk mandi lebih sering.

Lepas dari kondisi pengecualian tersebut, Dr Sanjay Jain mengisyaratkan bahwa mandi yang terlalu sering sebenarnya tak terlalu dibutuhkan tubuh. Sepanjang hari, sebagian besar badan kita tertutup oleh pakaian yang menghindarkan kita dari banyaknya debu dan kotoran.

Dengan begitu yang menjadi prioritas untuk sering dibasuh adalah tangan. Anda menyentuh makanan, gagang pintu, bahkan keran air yang mengandung kuman dan kotoran yang seringkali tak tampak mata.

Beberapa orang memakai sabun yang tidak tepat saat mandi. Hal ini dapat menyebabkan kulit terasa kering dan kaku. Karena dasar inilah mandi terlalu sering sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan kulit.

Baca Artikel Lainnya :

Untuk menjawab pertanyaan esensial yang muncul tentang seberapa sering kegiatan mandi dilakukan, Dr Sanjay Jain mengungkapan bahwa idealnya seseorang mandi dua kali setiap tiga hari atau dua hari sekali secara bersih dan sempurna.

Namun, kembali lagi itu semua harus disesuaikan dengan konsiderasi dan pertimbangan yang telah disebutkan sebelumnya.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *