Mengapa Hujan Bisa Terjadi? Berikut Prosesnya..

Proses Terjadinya Hujan – Di musim penghujan seperti saat ini, mungkin membuat sebagian orang bertanya-tanya, mengapa hujan bisa terjadi? Bagaimana proses terjadinya?

Hujan adalah peristiwa jatuhnya bulir-bulir air dari langit ke permukaan bumi. Hujan merupakan sebuah siklus air agar air yang berada di permukaan bumi – air yang manusia, hewan, tumbuhan pakai – bisa tetap bersih dan terpakai.

pembayaran

Untuk sampai pada tahap di mana air jatuh dari langit dibutuhkan beberapa tahap sebelumnya. Berikut ini adalah tahapan atau proses terjadinya hujan di bumi.

  1. Tahap Penguapan

Karena pada dasarnya hujan merupakan sebuah siklus, maka Anda dapat memulai dari tahap manapun. Namun kali ini akan dimulai dengan tahap penguapan di mana air yang ada di permukaan bumi akan menguap.

Mulanya, sinar matahari akan memberikan efek terik dan panas yang kemudian akan membuat proses evaporasi (penguapan air di sungai, danau, laut, dan penguapan tanpa perantara lainnya) dan transpirasi (penguapan air yang berada di dalam tanaman).

Tidak hanya pada sungai dan tumbuhan, proses penguapan ini juga terjadi pada manusia dan hewan.

Hal itulah yang menyebabkan manusia akan berkeringat di bawah terik matahari, karena air yang ada dalam tubuh manusia menguap melalui pori-pori di kulit.

  1. Tahap kondensasi (pemadatan)

Dalam tahap ini, uap air yang terangkat ke langit akan mengalami kondensasi dan memadat menjadi embun karena suhu yang tinggi.

Embun yang berkumpul semakin banyak dan terus memadat dinamakan awan. Proses ini disebut dengan koalensi.

Angin juga cukup berperan di sini karena angin akan membantu awan-awan kecil bergerak menyatu dan membentuk awan yang lebih besar yang kemudian akan bergerek ke tempat yang memiliki suhu lebih rendah, yaitu langit. Semakin banyak awan yang terkumpul, warna awan akan berubah menjadi kelabu.

  1. Hujan

Ketika awan berada dalam suhu yang rendah, uap air akan mengkristal. Seiring dengan itu pula awan akan semakin berat dan tertarik oleh gaya gravitasi bumi.

Baca Juga :

Hal ini lah yang menyebabkan hujan turun. Kristal air yang terbentuk akan jatuh melewati atmosfer sehingga yang pada awalnya air berbentuk kristal akan berubah menjadi cair. Kemudian air ini akan jatuh ke bumi yang dinamakan dengan hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *