Mengapa Kaki akan Terasa Panas saat sedang Berlari?

Mengapa Kaki akan Terasa Panas saat sedang Berlari? – Ketika berlari, rasa panas yang muncul di kaki bukanlah sebuah hal yang wajar terjadi, apalagi bila Anda hanya melakukan olahraga lari yang terbilang cukup ringan, tidak seperti lari maraton atau sejenisnya.

Maka, Anda harus lebih jeli dan cermat mengetahui penyebab mengapa kaki Anda terasa panas saat sedang berlari.

kaki panas

Di bawah ini ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkna rasa panas pada kaki Anda saat sedang berlari.

Salah dalam Memilih Sepatu

Sepatu merupakan salah satu aspek terpenting dalam kegiatan berlari. Ketidaksesuaian dalam pemilihan sepatu dapat menimbulkan beberapa masalah dalam berlari, termasuk munculnya rasa panas saat sedang berlari.

Baca Artikel Lainnya :

Beberapa sepatu memiliki desain ventilasi yang buruk. Hal tersebut sangat krusial sebab menjadikan kaki sulit untuk mendapat udara segar dan “bernafas” optimal.

Akibatnya, udara panas yang keluar dari pori-pori kulit kaki terperangkap sekian lama di dalam sepatu dan sulit untuk berganti.

Selain itu, sepatu yang terlalu sempit juga turut menyumbat pertukaran udara yang sangat diperlukan kulit agar tetap segar.

Maka, sebisa mungkin pilih sepatu berlari yang memiliki ventilasi yang baik untuk kemampuan penggantian udara. Selain itu, usahakan untuk memilih sepatu yang tidak terlalu sempit (usahakan ada celah pada ujung jari kaki).

Salah dalam Memilih Kaus Kaki

Selain sepatu, kaus kaki juga memiliki andil besar dalam performa kaki Anda. Beberapa bahan kaus kaki didesain hanya untuk kepentingan fashion atau aktivitas ringan dan bukan untuk aktivitas berolahraga. Maka, penting untuk memilih kaus kaki yang meiliki bahan yang tepat untuk berolahraga.

Menggunakan kaus kaki yang terbuat dari 100% katun tidaklah disarankan. Hal itu dikarenakan katun memiliki daya pengeringan yang buruk. Jadi, ketika kaus kaki Anda basah karena keringat, hal tersebut akan bertahan lama dan membuat kaki Anda merasa gerah.

Bahan terbaik yang disarankan untuk sepasang kaus kaki adalah material sintetis seperti polyester, acrylic, dan CoolMax.

Neuromas

Jika sepatu Anda memiliki ventilasi yang baik dan kaus kaki Anda terbuat dari material yang selain katun namun kaki Anda tetap merasakan panas saat berlari, mungkin Anda terkena Neuromas atau sensasi panas di antara jari kaki.

Sensasi panas ini terjadi oleh karena peningkatan gerakan tulang telapak kaki yang memiliki koneksi ke jari-jari kaki.

Cara terbaik untuk meredakannya adalah dengan mengompres daerah yang terasa panas denga es batu untuk membantu relaksasi. Selain itu, Anda juga bisa merendam kaki Anda dengan air hangat yang diberi campuran taburan garam sehabis melaukan olahraga lari.

Itulah beberapa penyebab kaki terasa panas saat berlari dan alternative cara untuk menanggulanginya. Selamat berlari!

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *