Mengapa Kita Harus Memilih Produk Organik?

Mengapa Kita Harus Memilih Produk Organik? – Saat ini banyak orang yang membicarakan tentang berbagai keunggulan produk-produk pertanian dengan menggunakan sistem organik dalam proses produksinya. Sebenarnya yang dinamakan dengan produk organik adalah hasil produksi yang bebas mengandung pupuk kimia, pestisida sintetis, rekayasa genetika, maupun radiasi selama proses produksinya. Biasanya ciri yang paling bisa dilihat dari produk organik ini adalah tercantumnya daerah asal produk dalam setiap kemasannya. Disamping itu, label atau sertifikasi bagi produk organik juga menjadi sebuah keharusan.

prd

Selain keamanan produk organik yang terjamin, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan mengapa mulai saat ini kita harus menggunakan produk organik, antara lain:

  • Kandungan nutrisi pada produk organik lebih terjaga dan benar-benar bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh,
  • Rasa yang lebih enak dan segar daripada produk yang menggunakan bahan-bahan kimia dalam proses produksinya,
  • Produk organik bebas dari neurotoksin yang bisa merusak sel-sel otak dan syaraf manusia secara bertahap, sehingga produk organik sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak,
  • Sesuai dengan hasil survey, produk organik lebih bisa bertahan lama ketika disimpan daripada produk yang bersinggungan dengan bahan kimia yang rentan akan proses oksidasi,
  • Aroma produk organik biasanya cenderung lebih khas dan segar daripada produk dengan bahan kimia sehingga ketika dikonsumsi akan lebih nikmat.

Disamping keuntungan apabila kita mengkonsumsi produk organik diatas, ternyata ada keuntungan lain yang bisa diperoleh secara umum yaitu:

  1. Secara ekonomi, kita dapat membantu meningkatkan ekonomi para petani organik yang dengan susah payah membuat produknya bebas kontaminasi bahan kimia,
  2. Mengurangi tingkat pencemaran tanah, air dan udara akibat penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan terhadap produk non organik.

Berdasarkan pemaparan diatas, dapat kita simpulkan bahwa dengan mengkonsumsi produk organik kita tidak hanya akan bisa hidup secara sehat, namun juga dapat membantu kelestarian alam khususnya tanah terhadap pengaruh buruk bahan-bahan kimia. Meskipun mungkin produk organik mempunyai harga sedikit lebih tinggi dari produk non organik, tapi bila mengetahui manfaat dan bahaya yang ditimbulkan dari kedua produk tersebut diatas, tentu kita tidak akan mempermasalahkannya lagi hal tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *