Mengapa Orang Jepang Mudah Untuk Sukses dalam Bisnis? Ini dia Rahasianya

Apakah anda mengenal perusahaan – perusahaan besar semacam Honda, Yamaha Music, Bandai, Akari, dan Sony, maka negeri sakura atau Jepang pastilah muncul di dalam benak anda.

Bukan hanya di Indonesia saja, tetapi hampir diseluruh dunia mengenal produk – produk hebat racikan industri Jepang. Hal ini membuktikan bahwa Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang sukses menekuni bidang industri.

Untitled

Bahkan tidak sedikit warga negara lain yang tertarik untuk bekerja pada salah satu industri di Jepang yang betebaran di mancanegara.

Kesuksesan industri Jepang banyak didukung oleh beragam faktor dari dalam dan luar negeri, tentu saja hal ini perlu proses hingga menempati posisi paling tinggi untuk sebutan negara industri.

Selain itu, ada beberapa tips sukses yang dimiliki oleh orang Jepang patut untuk anda tiru. Jika ingin seperti mereka maka anda harus membaca ulasan singkat dari kami di bawah ini tentang rahasia sukses berbisnis ala Jepang untuk kemajuan usaha yang sedang dirintis :

1). Rajin membaca

Meskipun banyak orang belum pernah ke Jepang, tapi dari beragam media bacaan dan tayangan yang pernah mereka tonton, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan orang Jepang gemar membaca.

Hal ini terlihat dari kebiasaan mereka yang paling kecil yaitu ketika sedang dalam perjalanan ke tempat kerja, ketika mereka istirahat di kafe atau restoran, dan banyak lagi yang lainnya, buku adalah salah satu komponen penyusun dan pelita kehidupan sehari – hari mereka.

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa dengan suka membaca buku maka mereka bisa kaya informasi dan pengetahuan, dari pengetahuan itulah mereka bisa membangun jalan untuk menggapai sukses. Maka dari itu, jika anda mau sukses, jangan malas membaca. Jadikan membaca sebagai kebutuhan primer dalam kehidupan anda.

2). Mari kita terapkan prinsip Kaizen dan Hansei

Apa yang dimaksud dengan prinsip Kaizen dan Hansei ? Kedua prinsip ini mungkin masih terasa asing di telinga masyarakat Indonesia. Prinsip Kaizen adalah on-going and continous improvement, yang mengandung arti sebagai tindakan berkelanjutan dan peningkatan terus –  menerus.

Sementara untuk prinsip Hansei adalah never ending correction alias perbaikan tiada henti. Nah kedua prinsip ini sudah menjadi nilai – nilai luhur yang mendarah daging dalam kebudayaan dan iklim bisnis orang Jepang.

Tak heran, dengan menguasai dan menerapkan kedua prinsip di atas menyebabkan industri Jepang bisa tumbuh sukses dan berjaya dalam persaingan mancanegara.

Mereka selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas kehidupannya dan tentunya dibarengi dengan perbaikan disemua sektor.

Sebuah cara kerja yang akan menjadikan sistem hidup  mereka berkembang sejalan dengan pola pikir yang dibentuk. Jadi, mari kita terapkan prinsip Kaizen dan Hansei ini dalam kehidupan anda d rumah atau pun di luar rumah.

3). Menjaga nilai budaya

Jepang adalah salah satu negara maju yang masih tetap berpegang teguh terhadap nilai – nilai kearifan lokal mereka.

Anda bisa membuktikan sendiri tentang prinsip menjaga nilai budaya ini. Jepang tetap mampu menjalankan kebijaksanaan lokal berlatarbelakang nilai budaya tinggi ke dalam peraturan bisnis mereka sehingga mereka tetap mampu mengontrol kondisi perusahaan sebagai sebuah komunitas dengan kekuatan industri yang luar biasa sebagai penunjangnya.

Kebiasaan warga Jepang ini yang menyebabkan mereka tetap eksis menjaga budayanya dalam pola pikir orang bisnis adalah patut untuk anda tiru.

Baca Juga :

Contoh lainnya adalah berbagai budaya khas Jepang yang selalu eksis digemari oleh masyarakat mancanegara hingga sekarang, seperti budaya samurai, budaya minum teh, dan banyak lagi yang lainnya.

Itulah 3 sikap yang wajib kita tiru dari bangsa Jepang jika kita ingin meraih sukses dengan kualitas kehidupan yang lebih baik di dalam rumah atau di luar rumah. Semoga bisa ditiru.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *