Mengapa Wanita Tidak Boleh Terlalu Lama Duduk

Berapa lama biasanya Anda menghabiskan waktu hanya untuk duduk? Mungkin bisa mencapai 5 hingga 8 jam per hari bukan? Ternyata, duduk terlalu lama bisa berakibat sangat fatal untuk kesehatan. Terutama untuk para wanita. Bahkan sejumlah penyakit sudah siap mengincar Anda karena terbiasa duduk terlalu lama.

c 50

Menurut beberapa penelitian, semakin lama seorang wanita duduk akan semakin tinggi pula risiko untuk terserang kanker usus besar (kolon) dan kanker endometrium.

Bukan hanya sebatas meningkatkan risiko kanker payudara, kanker endomitreum dan kanker usus besar saja, namun sudah banyak pula penelitian yang mengungkapkan dampak buruk dari duduk terlalu lama. Dimulai dari meningkatnya kadar kolesterol hingga depresi. Paling tidak terdapat empat akibat yang sering muncul seperti yang ada dibawah ini.

Duduk terlalu lama mengakibatkan sakit punggung

Rata-rata seseorang akan mulai merasakan nyeri di bagian punggung setelah duduk melebihi 10 jam lamanya. Munculnya rasa sakit tersebut biasanya di bagian bawah punggung hingga tulang belakang.

Hal ini konon diakibatkan karena otot punggung yang menjadi kaku selama Anda duduk dan tidak mengubah posisi. Oleh karenanya daerah punggung Anda akan terasa nyeri.

Saat nyeri punggung itu Anda biarkan begitu saja, maka rasa sakit justru mengalir ke bagian sendi hingga lama-kelamaan menyebabkan area punggung dan leher mengalami peradangan.

Metabolisme tubuh berkurang setelah duduk terlalu lama

Duduk yang terlalu lama juga menyebabkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh meningkat. Hal ini jika Anda biarkan menyebabkan daya tahan tubuh semakin berkurang. Sehingga Anda akan menjadi lebih mudah terserang berbagai macam penyakit.

Baca Artikel Lainnya :

Peningkatan berat badan akibat duduk terlalu lama

Kemampuan pembakaran kalori di dalam tubuh semakin berkurang ketika Anda duduk terlalu lama, jadi aktivitas elektrolit tubuh juga akan melambat. Dengan demikian berat badan Anda akan meningkat. Tidak hanya itu, namun kolesterol juga ikut meningkat yang bisa berujung munculnya diabetes.

Sehingga mulai saat ini penting bagi Anda untuk memperhatikan intensitas duduk setiap harinya. Tidak ada salahnya jika menyelingi beberapa menit untuk melakukan peregangan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *