Mengatasi Hama dan Tips Mencegah Penyakit Pada Tanaman

Mengatasi Hama dan Tips Mencegah Penyakit Pada Tanaman – Seperti yang kita ketahui bahwa Hama merupakan salah satu penyebab besar yang mengakibatkan suatu tanaman terserang oleh penyakit. Bahkan satu hama pun bisa menyerang satu petak tanaman yang ada. Karena hama ialah sumber penyakit yang siap datang kapan saja dan membuat segala macam tumbuhan yang didekatinya menjadi lumpuh ataupun mati. Sehingga, tanaman pun berujung tanpa suatu hasil. Bisa dikatakan sebagai gagal panen karena tidak ada hasil yang tersisa dari serangan hama.

1q

Tentu saja terserang oleh hama dan penyakit tidak ada yang menginginkannya. Tetapi hal tersebut sering kali dan selalu saja menyerang tanpa batas. Untuk itu, Anda harus bisa lebih bergerak cepat dalam mengambil tindakan sebelum tumbuhan yang Anda tanam, terserang tanpa sisa. Di sini, terdapat beberapa tindakan sebagai upaya pencegahan segala macam hama pada tanaman, seperti:

  • Memberikan pengawasan setiap hari, sekalipun hanya di satu kali. Meneliti setiap tanaman yang tumbuh, bila terdapat beberapa hama seperti keong, kutu, dll harus segera dimusnahkan.
  • Memberikan pupuk alami, bila tidak memungkinkan, berikanlah pupuk organik. Di sini, pupuk tersebut sebagai suplemen yang menyehatkan sekaligus menyuburkannya.
  • Menyingkirkan tanaman yang mati agar tidak menularkan dengan yang sehat.

Bukanlah langkah yang sulit bukan? Jadi, mulai kini Anda bisa menjalankan pengupayaan tanaman tanpa hama. Entah pada jenis tanaman apapun itu, bila ada pencegahan berupa perawatan khusus, maka akan membuat tanaman tersebut tetap tumbuh terus hingga menghasilkan produk yang bisa dipanen dalam jumlah yang maksimal. Sekalipun pada masa hama yang sedang menyerang, setidaknya Anda bisa meminimalisir terserangnya hama pada tumbuhan yang bersangkutan tersebut. Jadi, Anda pun tidak harus memberikan perawatan setelah tanaman terserang oleh hama. Apalagi perawatan yang dilakukan selama tanaman terserang penyakit, akan lebih sulit untuk sembuh. Bahkan, hasilnya pun kurang efektif. Pada intinya, perawatan sekaligus mencegah akan jauh lebih bagus daripada mengobati dengan berbagai macam cara atau bahkan menggunakan obat-obatan kimia.

Seperti apapun tanaman yang di taman, bila ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, berikanlah perawatan yang tepat. Bukan hanya setelah tanaman itu terserang, karena pada saat seperti itu, sudah sangat terlambat. Maka lebih sering ditemukan bahwa dalam kondisi itu, tumbuhan akan mati. Sehingga tidak ada hasil dan kehilangan tanaman yang diharapkan bisa memberikan aneka produk.

Dapat disimpulkan bahwa seperti apapun tanaman itu, bilamana ada perawatan yang rutin, akan tumbuh dan berbuah jauh lebih banyak. Entah itu pada tanaman mingguan ataupun tanaman bulanan. Seperti aneka tumbuhan yang bisa dimasak setiap hari, seperti tanaman cabai, tomat, bayam, terong, dll. Dimana tumbuhan tersebut dapat dengan subur tumbuh di sembarang tempat, tetapi bila dilengkapi dengan perawatan yang aktif, hasil panen akan jauh lebih maksimal.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *