Mengatasi Keanekaragaman Genetik yang Rendah

Mengatasi Keanekaragaman Genetik yang Rendah – Indonesia memiliki aneka ragam hayati yang berlimpah yakni flora dan fauna. Alam sendiri pun memiliki caranya untuk menjaga serta meningkatkan variasi ragam genetik yang ada. Ada beberapa jenis hewan tingkat keanekaragamannya sangat tinggi, ada pula yang tingkat variasi genetik yang rendah. Untuk itu perlu diadakan program mengatasi keanekaragamn genetik yang rendah.

Untitled

Sebutlah binatang seperti cheetah, panda, komodo dan lain sebagainya sangat perlu dilakukan variasi genetik. Dalam dunia tanaman dikenal yang namanya pemuliaan tanaman. Metode tersebut adalah salah satu cara ayng dapat diterapkan untuk mengatasi keanekaragamangenetik yang rendah. Pasalnya, dari jenis satu tanaman yang ada akan dibuat menjadi beragam varietas biji. Sebut saja tanaman padi yang semula ada satu jenis dengan masa panenyang lama. Setelah dilakukan pemuliaan tanaman diperoleh bibit unggul dengan masa panenyang lebih cepat. Akibatnya petani lebih diuntungkan.

Karakteristik lingkungan habitat tanaman ataupun binatang juga dapat menjadi faktor rendahnya keanekaragaman genetik. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan sulitnya untuk mengatasi keanekaragaman genetik yang rendah, antara lain:

  1. Faktor biotik seperti manusia dan maklhuk hidup lainnya dapat menjadi penyebab rendahnya keanekaragaman spesies yang ada. Manusia dapat menyebabkan kerusakan di alam karena beberpa pihak tidak bertanggung jawab. Maka sudah seharusnya keseimbangan alam untuk terus dijaga.
  1. Faktor tanah berdasarkan kesuburan, sirkulasi dan struktur tanah bisa menyebabkan tanaman semakin banyak jenisnya ataupun malah mengurangi variasi.
  1. Faktor iklim juga menjadi salah satu faktor keanekaragaman genetik. Pasalnya, iklim seperti angina, suhu dan kelembapan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan fisik tanaman.
  1. Faktor air, air yang bagus pasti akan menghasilkan tumbuhan yang bagus karena memiliki peran untuk melarutkan makanan pada tumbuhan. Terbukti dari tanaman dengan curah hujan tinggi lebih beraneka ragam daripada tempat dengan curah hujan sedikit.

Berdasarkan faktor yang berpengaruh terhadap flora dan fauna Indonesia, kita sebagai masyarakat yang cinta lingkungan harus berusaha mengatasi keanekaragaman genetikyang rendah. Sudah menajdi tugas kita untuk menjaga keanekaragaman hayati Indonesia. Jangan sewenang-wenang melakukan hal-hal yang merugikan Indonesia. Karena yang rugi justru kita sendiri. Bagaimana nasib anak cucuk kita nantinya?

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *