Mengenal Adenin Lebih Dalam

Pada saat kita sedang belajar mengenai DNA pastinya kita akan mengenal istilah yang satu ini yaitu Adenin. Ini merupakan istilah yang paling banyak kita dengar pada pembelajaran mengenai DNA. Adenin merupakan bagian dari DNA yang biasa disebut juga dengan basa nitrogen. Oleh karena itu ada beberapa orang yang masih awam mungkin sama istilah ini. Melalui artikel ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai istilah yang satu ini.

fia 52

Pengertian adenin

Adenin merupakan sebuah basa nitrogen yang akan hadir pada sistem penerjemahan DNA dan juga RNA. Setiap orang pasti memiliki basa nitrogen yang satu ini di dalam tubuhnya. Rumus kimia dari zat yang penting dalam tubuh ini adalah C5H5N5. Pada saat mempelajari DNA kita akan mengenal bahwa pasangan dari Adenin ini adalah Timin.

Biasanya pasangan ini akan selalu berdampingan ketika ada pada sebuah rumus DNA yang harus diterjemahkan. Ada hubungan yang sangat berkesinambungan antara kedua zat penting ini.

Adapun kedua senyawa ini selalu berada dalam struktur yang penting, selain itu kedua senyawa ini membawa informasi genetik mengenai seseorang yang harus dijaga dengan baik agar tidak hilang fungsinya.

Pada saat menerjemahkan kita aka menemukan banyak hal baru yang mungkin saja terjadi seperti bisa saja kedua senyawa ini terpisah dan ini bisa menghasilkan beberapa hal yang berbahaya. Oleh karena itu kita harus memastikan bahwa kedua zat ini harus selalu berdampingan agar hasilnya baik penerjemahannya.

Fungsi adenin dalam DNA

Seperti yang sudah diketahui bahwa struktur adenin ini ada pada DNA dan RNA maka saatnya untuk mengenal fungsi mereka pada masing-masing senyawanya. Fungsinya selalu berkaitan dengan Timin yang merupakan pasangannya. Mereka adalah pasangan yang cukup kuat jadi sulit sekali untuk dipisahkan. Memang kasus pemisahan antara timin dan adenin jarang sekali terdengar.

Fungsi adenin dalam RNA

Berbeda dengan DNA dalam RNA, Adenin tidak berpasangan dengan timin lagi melainkan dengan urasil (U). Tetapi fungsi dari adenin ini kurang lebih hampir sama dengan fungsi yang ada pada DNA ini. Pembedanya hanya pada pasangan mereka saja. Tetapi pada akhirnya nanti kedua zat ini yang akan menjadi penentu antara hasil yang terjadi akibat adanya reaksi pada DNA dan juga RNA.

Pada senyawa yang mengikat pada DNA dan RNA ini pastinya memiliki ikatan hidrogen yang berbeda-beda yang akan menjadi penentu reaksi yang akan terjadi. Seperti halnya pada adenin yang memiliki 2 ikatan hidrogen. Ikatan ini terjadi akibat adanya hubungan antara adenin dan juga timin. Sementara itu pada pasangan lain yaitu guanin dan sitosin terbentuk 3 ikatan hidrogen.

Sebenarnya adenin ini tidak hanya ditemukan pada reaksi antara DNA dan juga RNA melainkan juga ditemukan pada campuran teh. Mungkin sebagian orang tidak menyangka bahwa zat ini bisa dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu energi kita juga mengandung adenin yaitu Adenin Trifosfat. Dengan adanya kandungan pada energi ini kita bisa dengan mudah beraktivitas.

Ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa Adenin mengandung vitamin B4 namun bukan lagi termasuk dalam vitamin B. Senyawa basa nitrogen adenin juga bisa temukan pada beberapa makanan dan minuman yang kita konsumsi. Inilah yang akan menjadi sumber energi pada tubuh kita masing-masing. Oleh karena itu ada reaksi juga dengan adenin pada saat pembentukan energi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *