Mengenal Alan Turing, Tokoh Sentral Dibalik Kalahnya Jerman pada Perang Dunia 2

Semua orang pasti menyangka kalahnya NAZI pada perang dunia kedua disebabkan oleh serangan agresif Rusia ke pusat kota Jerman. Atau kesalahan strategi Hitler pada saat menginvasi eropa pada saat itu.

Untitled

Akan tetapi ada orang dibalik layar yangg turut serta dalam memenangkan perang dunia kedua. Alan Turing, pria kebangsaan inggris yang lahir di London Inggris tanggal 23 Juni 1912, merupakan pahlawan perang bagi negara tersebut setelah dia beserta timnya berhasil memecahkan sandi rahasia Jerman, Enigma.

Yang perlu kamu ketahui tentang Enigma, mesin ini adalah mesin enkripsi buatan Jerman yang sangat sulit untuk dipecahkan pada saat itu.

Enigma dilengkapi dengan rotor dan memiliki bermilyar-milyar kombinasi yang selalu diubah setiap paginya. Seorang kriptoanalist hanya punya waktu 18 jam untuk berusaha memecahkan sandi yang ada di Enigma.

Jika gagal, apa yang telah dikerjakan mereka akan sia-sia. Untuk memecahkan sandi itu dengan cara konvensional dibutuhkan waktu beratus tahun untuk memecahkannya. Namun Alan Turing hanya memecahkannya dalam waktu hanya beberapa tahu saja.

Alan Turing merupakan seorang ahli matematika dan merupakan orang perama yang mencetuskan otak buatan atau yang nantinya kita kenal sebagai komputer.

Beberapa prinsipnya, seperti ide terkait mesin turing yang mampu memecahhkan persoalan dalam sekejap, hingga adanya tes turing yang merupakan serangkaian tes yang namanya diabadikan dengan menggunakan namanya.

Setelah menyelesaikan studinya di University of Cambridge, Alan Turing pergi ke Amerika, lebih tepatnya ke Princeton University dan kemudian selesai dan kembali ke Inggris tahun 1938.

Setelah perang dunia kedua pecah, Alan Turing pergi ke Bletchley Park dan membantu pemerintah ingris untuk memecahkan mesin Enigma. Dia merupakan pribadi yang sangat tertutup dan sulit bersosialisasi.

Tidak jarang dia berdebat dengan teman setimnya terkeait pemecahan Enigma tersebut. Melalui gaya eksentriknya dan juga gaya perfeksionisnya membuat dia menghabiskan waktu sendiri untuk memecahkan Enigma.

Terlebih ketika dia diangkat sebagai ketua tim pemecahan Enigma. Sifat arogannya membuat beberapa orang memusuhinya.

Saat di Bletchley dia menghabiskan waktunya untuk membuat suatu alat yang mampu menerjemahkan Enigma. Alat yang dikenal dengan nama Bombe ini merupakan alat yang sangat besar dilengkapi dengan berpuluh-puluh rotor yang berisi berbagai kombinasi huruf.

Alat ini mampu menerjemahkan kode rahasia tersebut hanya dalam waktu sekejap. Segala strategi musuh pun dapat terbaca oleh pihak sekutu yang menyebabkan seluruh rencana penyerangan Jerman menjadi gagal, terutama saat Jerman mulai memasuki wilayah Rusia.

Selesai perang dunia kedua, beliau bergabung dengan National Physical Laboratory sejak tahun 1945 sampai 1948.

Baca Artikel Lainnya :

Dia memiliki rencana yang brilian untuk pengembangan mesin pemroses informasi, namun rencana tersebut diitolak oleh rekan-rekannya yang membuatnya gagal menjajdi orang pertama yang merancang komputer digital.

Tahun 1949 dia bergabung dengan Manchestter University dan bekerja untuk membuat alat kecerdasan buatan di laboratorium komputasi. Alan Turing sangat berjasa dalam menyumbangkan ide dan pemikiran tentang komputer yang mungkin sangat faiiliar dalam kehidupan kita saat ini.

Dibalik pencapaiannya tersebut, beliau tersandung masalah hukum yang menghancurkan karirnya.

Dia ditangkap atas tuduhan homoseksual yang membuatnya tidak dapat mengajar lagi di universitas karena aturan inggris yang saat itu menganggap homoseksual adalah suatu kejahatan, dia mengalami pillihan yang suliit antara masuk penjara atau terapi hormonal untuk mengobati kecenderungan homoseksualnya.

Dua tahun kemudian, 7 Juni 1954, dia meninggal dunia akibat rasa depresi yang tinggi dan menyebabkan dia bunuh diri. Namun Alan Parking selalu dikenang sebagai pahlawan perang inggris dan jasanya terhadap pengembangan komputer.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *