Mengenal Aneka Jenis Saus Masakan Mancanegara Berdasarkan Cara Penyajian

Mengenal Aneka Jenis Saus Masakan Mancanegara Berdasarkan Cara Penyajian – Saus merupakan cairan yang dikentalkan dengan memakai salah satu bahan pengental, kemudian disajikan bersama dengan jenis masakan tertentu seperti sajian gorengan dari ikan laut, unggas, daging, maupun kue-kue tertentu yang penyajiannya lebih mantap disantap bersama saos, sehingga akan mampu meningkatkan cita rasa dari masakan yang disajikan.

pengebang

Berikut ini kami berikan aneka jenis saus pelengkap hidangan yang kami urut berdasarkan atas cara penyajiannya.

Seperti halnya satu yang paling populer yaitu saus tomat, akan berubah rasa jika anda pandai dalam mencampurnya dengan bahan-bahan tambahan seperti rempah daun yaitu daun thyme dan seledri serta baluran sedikit pasta bawang putih, cincangan bawang bombai dan irisan daging paprika atau disebut dengan istilah saus creole. Simak penjelasan kami :

1). Saus Dingin ( Cold Sauce )

Saus jenis ini lebih lezat dihidangkan dalam kondisi dingin atau dalam temperatur normal kurang lebih 60 derajat Celsius.

Ada juga saus beku yang disebut dengan nama matre d’hotel sauce. Saus ini biasa dihidangkan dengan beragam masakan yang nikmat disantap ketika masih panas.

2). Sauce Panas ( Warm Sauce )

Saus jenis ini tepat dihidangkan dalam keadaan panas untuk hidangan panas. Disarankan untuk tidak mengkonsumsinya ketika saos sudah dingin apalagi sebagai teman jenis hidangan yang dingin.

3). Saus Dasar ( Mother Sauce )

Kata ” saus ” berasal dari bahasa Perancis ( sauce ) yang diadopsi dari bahasa Latin ( salsus ) yang berarti ” digarami “.

Dari sinilah muncul varian saus yang bermula dari aneka masakan khas Perancis. Di negara asalnya, saus merupakan unsur utama bumbu pelengkap dalam beragam masakan yang pada umumnya dibagi dalam lima kategori (saus bechamel, saus espagnole, saus veloute, saus hollandaise, dan saus tomat), merupakan dasar dari pengembangan jenis saos dan turunannya.

4). Saus Bechamel

Dibuat dari roux dan susu. Roux adalah campuran tepung dan minyak (lemak, butter, margarin, dan bahan lainnya).

Dari saus bechamel ini terciptalah enam jenis saus turunannya yaitu saus aurora (dari kombinasi saus bechamel dan tomat) saus mornay (dari saus bechamel dan keju parut), saus nantua (dari saus bechamel, mentega udang, dan krim kental), saus chantilly (dari saus bechamel dan krim kocok ), saus soubise (dari saus bechamel dan bawang bombai ), dan saus mustard (dari saus bechamel dan mustard). Biasanya saus bechamel tepat disajikan untuk beragam jenis seafood dan pasta.

5). Saus Espagnole

Bahan utamanya adalah kaldu sapi. Jika anda ingin saos espagnole yang kental maka bisa dikembangkan dengan mencampur bahan-bahan tambahan seperti telur, minyak zaitun atau minyak alpukat, sari jeruk lemon, susu, atau santan hingga menjadi saus demi-glace yang pekat.

Baca Artikel Lainnya :

Terdapat delapan jenis saus turunan yang berasal dari saus espagnole yang dikentalkan tergantung dari bahan pengentalnya, yakni, saus bordelaise (dari demi – glace dan anggur merah bordeaux serta bawang merah, biji lada, dan daun thyme ), saus bigarade (dari demi – glace, anggur merah, serta jus jeruk), saus charcutière (dari demi – glace, cuka, anggur putih, mustard, kecap inggris, serta bawang merah ), saus deviled (dari demi – glace dan anggur putih, tomat yang dihancurkan, bawang merah, serta biji lada).

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *