Mengenal Apa Saja Pengertian Jaringan Komputer

Secara umum jaringan komputer diartikan sebagai sebuah sistem yang didalamnya memili dua perangkat komputer atau lebih serta beberapa perangkat lainnya yang dirancang untuk dapat saling berkerja sama dalam hal ini dapat melakukan komunikasi, mengakses sebuah informasi, atau bahkan memberikan layanan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

a 65

Untuk lebih mengenal apa saja pengertian jaringan komputer, berikut ini ada beberapa pengertian jaringan komputer yang pernah diutarakan oleh beberapa ahli :

  1. Yayasan Sandhykara : Pengertian jaringan komputer menurut Yayasan Sandhykara adalah hubungan antara dua sistem komputer atau lebih yang terpisah, yang dilakukan dengan media komunikasi agar dapat melakukan komunikasi data satu dengan yang lain.
  1. Jafar Noor Yudianto: Menurut Jafar Noor Yudianto, jaringan komputer adalah sebuah sistem yang didalamnya terdiri atas beberapa komputer yang diciptakan untuk berbagi sumber daya (CPU, printer), berkomunikasi (pesan instan, e-mail), dan bisa untuk mengakses informasi. Jafar Noor Yudianto juga menjelaskan agar sebuah jaringan komputer dapat mencapai tujuannya maka setiap bagian dari jaringan komputer harus dapat meminta dan memberikan layanan. Hal ini yang disebut sebagai client-server pada komputer dimana client sebagai pihak yang meminta dan menerima layanan dan server yang memberikan/mengirim layanan tersebut.
  1. Umi Proboyekti : Pengertian Jaringan Komputer menurut Umi Proboyekti adalah sekumpulan komputer dengan jumlah yang banyak namun terpsiah-pisah tetapi dapat saling berhubungan dalam melaksanakan tugas. Beberapa komputer dikatakan terkoneksi apabla komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar informasi, koneksi itu sendiri dapat melalui serat optik, gelombang mikro, dan sebagainya.
  1. Abdul Kadil : Menurut Abdul Kadil, jaringan komputer merupakan hubungan antara dua buah komputer atau lebih yang mempunyai tujuan utama untuk melakukan pertukaran data.
  2. Tanaenbaum : Pengertian jaringan komputer menurut Tanaenbaum adalah kumpulan dari perangkat lunak dan juga perangkat keras yang ada pada suatu sistem yang mempunyai aturan tertentu agar dapat mengatur seluruh anggotanya untuk melakukan aktivitas komunikasi.
  1. Izaas El Said : Izaas El Said menjelaskan bahwa jaringan komputer merupakan suatu sistem dimana didalamnya terdapat beberapa komputer yang saling terhubung agar dapat saling berbagi informasi dan juga sumber daya dari masing-masing komputer.
  1. Madcoms : Menurut Madcoms, pengertian jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan lainnya yang dapat menunjang terhubungnya satu komputer dengan komputer lainnya.
  1. Techi Wire House : Pengertian jaringan komputer menurut Techi Wire House adalah suatu kumpulan dari dua komputer atau lebih yang memiliki hubungan antara satu komputer dengan lainnya dan memiliki suatu koneksi tertentu.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Kristanto : Kristanto meenyebutkan bahwa jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang terhubung antara satu komputer dengan lainnya yang menggunakan satu protokol komunikasi yang membuat seluruh komputer dapat saling terhubung dan mampu untuk berbagi informasi, sumber daya, program, dan dapat menggunakan perangkat keras lain dengan cara bersamaan seperti, printer, dan lain-lain.
  1. Zymon Machajewski : Yang dimaksud dengan jaringan komputer oleh Zymon Machajewski adalah seperangkat komputer yang terhubung secara bersamaan antara satu komputer dengan komputer lainnya yang memiliki tujuan utama untuk dapat membagikan sumber daya. Sumber daya yang saat ini banyak digunakan pada sebuah jaringan komputer yaitu sumber daya internet.

Bagaimana sudah lebih mengenal apa saja pengertian dari jaringan komputer ? Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih mengerti apa itu jaringan komputer.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *