Mengenal Beragam Produk Olahan Dari Buah Nanas

Buah nanas ( Ananas Comosus ( L. ) Merr. ) merupakan tanaman buah yang asli berasal dari Brasil. Di Indonesia, buah nanas dapat tumbuh subur di area perkebunan untuk diambil buahnya sebagai budidaya buah segar yang dijual secara komersil ke luar negeri atau pada pasar – pasar tradisional di Indonesia.

o 34

Subang merupakan daerah terbesar penghasil nanas di Indonesia. Buah ini banyak dimanfaatkan sebagai makanan olahan berupa dodol, selai, atau dibuat sirop.

Mari Membuat Dodol Nanas Segar.

Adapun bahan – bahan yang harus anda persiapkan adalah sebagai berikut :

  • Buah nanas yang telah matang sebanyak 2 buah ( kisaran per buahnya adalah 950 gram ).
  • Gula pasir sebanyak 500 gram.
  • Tepung ketan sebanyak 200 gram.
  • Tepung terigu sebayak 100 gram.
  • Agar – agar sebanyak 1 sachet.
  • Santan yang berasal dari 2 butir kelapa sebanyak 1 liter.
  • Vanili sebanyak 1 bungkus.
  • Garam sebanyak ½ sendok teh.

Adapun cara membuat dodol nanas sebagai berikut :

Pertama – tama kupaslan buah nanas, cuci bersih daging buahnya dan potong kecil kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Selanjutnya, campurkan tepung terigu, ketan, dan gula pasir. Lalu tambahkan santan.

Semua bahan tersebut dimasak di atas kompor dengan api sedang sambil diaduk – aduk agar tidak menggumpal. Setelah panas dan meletup – letup, tambahkan nanas yang sudah diblender. Aduk dan masak hingga kental.

Durasi memasak adalah sekitar 1 jam saja. Setelahnya, angkatlah adonan dodol dan diamkan hingga dingin. Terakhir, dodol nanas anda kemas sesuka hati.

Membuat Selai Buah Nanas Segar.

Cara membuat produk olahan nanas berupa selai sangatlah mudah dilakukan, dan jika anda ahli dalam hal ini maka bisa dijadikan peluang bisnis baru bagi anda yang menyukai dunia kuliner.

Dimana diketahui bahwa buah nanas berpotensi dan cukup menjanjikan jika anda mampu mengelolanya secara profesional, salah satu contoh adalah membuat sela dari buah nanas segar.

Bahan – bahan yang diperlukan adalah :

  • 1 buah nanas yang telah matang.
  • 200 gram gula pasir.
  • 2 sendok makan air jeruk limau.
  • 1/2 sendok teh kayu manis.

Cara membuat adalah :

Kupas buah nanas hingga bersih. Hilangkan seluruh mata dan bagian tengahnya karena keduanya berasa gatal untuk dimakan. Setelah dikupas bersih, potong kecil – kecil buah nanas yang telah dikupas tersebut.

Jika anda menginginkan hasil yang lebih halus, anda bisa memblender daging buah nanas yang telah dipotong tersebut. Masukkan potongan nanas ke dalam panci kemudian panaskan menggunakan api sedang.

Masukkan gula pasir, air jeruk limau, dan kayu manis kemudian aduk hingga tercampur rata. Masak selai selama kurang lebih 30 menit hingga kandungan air dalam selai berkurang. Selama proses memasak, selai harus selalu diaduk agar tidak gosong pada bagian bawahnya.

Setelah air cukup berkurang dan tekstur selai menyerupai pasta, angkat dari pemanas kemudian dinginkan. Masukkan selai ke dalam toples kaca yang tertutup rapat dan simpan dalam lemari es. Selai yang dibuat dengan cara yang benar akan mampu bertahan selama 3 bulan atau lebih tanpa dicampur dengan bahan pengawet.

Baca Artikel Lainnya :

Nah, mudah bukan berkreasi dengan buah nanas ? Bisa dibuat dodol atau selai nanas. Dengan sedikit kreasi dan pandai dalam berinovasi yaitu bisa menambahkan beberapa komponen baru ke dalam selai nanas, akan mampu menciptakan selai dengan cita rasa lebih istimewa. Selamat mencoba !

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *