Mengenal Berbagai Gangguan Kesehatan pada Mata

Mata adalah jendela jiwa, begitulah ungkapan yang menggambarkan fungsi mata dalam kehidupan. Mata adalah salah satu indera yang berfungsi untuk menangkap cahaya dan membentuk bayangan objek yang kita lihat.

Untitled

Prinsip kerja mata adalah menerima cahaya dan measukkannya melalui kornea dan diatur seberapa besar cahaya yang masuk oleh pupil. Cahaya yang masuk selanjutnya akan difokuskan oleh lensa mata tepat kearah bintik kunign pada retina. Cahaya yang masuk akan diterima retina dan meneruskannya ke saraf optik dan ke otak. Otak kemudian akan menerjemahkan apa yang kita lihat sebagai objek tertentu.

Dengan begitu tingginya manfaat mata bagi kehidupan, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangta penting. Berbagai penyakit pada mata akan timbul akibat tidak menjaga kesehatannya. Berikut akan diuraikan berbagai gangguan kesehatan pada mata.

Miopi

Miopi adalah gangguan pada mata berupa hilangnya kemampuan seseorang untuk melihat pada jarak yang jauh. Hal ini sering terjadi pada pelajar yang memiliki kebiasaan membaca di tempat yang gelap, sering terpapar radiasi dari alat elektronik, dan membaca buku sambil tiduran. Penderita miopi dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa cekung atau kacamata minus.

Hipermetropi

Hipermetropi merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan penderitanya kehilangan kemampuan untuk melihat jarak dekat. Gangguan ini umumnya terjadi pada seseorang dengan usia lanjut yang sudah kehilangan sedikit kemampuan penglihatannya. Penderia penyakit ini dapat dibantu dengan kacamata lensa cembung atau kacamata plus.

Presbiopi

Presbiopi merupakan kombinasi dari miopi dan hipermetropi dimana penderita tidak mampu melihat beda jarak dekat maupun jauh. Penderita penyakit ini dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap.

Buta warna

Buta warna adalah ketidakmampuan seseorang untuk merpresentasikan warna. Buta warna diklasifikasikan menjadi dua, yaitu buta warna total dan parsial. Buta warna total merupakan kondisi ketika seseorang hanya dapat membedakan warna hitam, putih, dan keabuan dengan spektrum tertentu. Sedangkan buta warna parsial hanya tidak bisa membedakan warna tertentu saja.

Katarak

Katarak terjadi akibat penebalan selaput di lapisan kornea mata. Katarak menyebabkan buta pada penderitanya, baik buta seluruhnya maupun hanya menyebabkan berkurangnya daya penglihatannya.

Itulah ganguan kesehatan yang umum terjadi pada mata. Untuk itu, menjaga kesehatan mata menjadi hal yang sangat penting. Mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin A mampu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan ketajaman mata.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *