Mengenal Bisnis Ukm Batik Galuh Dari Pulau Dewata

Batik merupakan seni warisan kuno dari nenek moyang yang telah mengalami proses moderenisasi dan dilestarikan keberadaannya secara turun – temurun.  Salah satunya adalah mengenal lebih dekat tentang rumah produksi batik khas Bali bernama Batik Galuh.

i 44

Seperti halnya di pulau Jawa, pulau Bali sejak dulu sudah terkenal sebagai sentral pembuatan kain batik kelas internasional, dimana penggunaan kain batik sudah menjadi sebuah tradisi dengan beragam jenis  pakaian adat tradisional berupa kebaya yang sangat serasi dipadu – padankan dengan kain batik Bali untuk upacara adat ke Pura dan kegiatan keagamaan dan adat – istiadat Bali lainnya, warga asli Bali cenderung memilih memakai kain batik.

Nah, saking banyaknya para peminat lokal maupun turis mancanegara memakai kain batik terutama produksi Bali asli, menyebabkan cukup tingginya permintaan pasar adalah faktor utama yang memberikan dorongan bagi para pengusaha batik untuk eksis dalam berkreasi dan berinovasi seperti yang dilakukan oleh rumah produksi Batik Galuh di Banjar Tegehe, Ds. Batubulan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

Di bawah ini kami berikan beberapa model baju kreasi dari kain batik Galuh :

Dress Batik Galuh.

Pertenunan kain batik Galuh Batubulan pertama kali berdiri pada tahun 1976 oleh Bapak Pande Ketut Krisna dengan dibantu oleh saudara – saudaranya, dimana proses pengerjaannya menggunakan alat tenun bukan mesin, sejak awal berdirinya yaitu sebanyak 5 buah alat tenun.

Seiring dengan perkembangan produksi batik Bali yang semakin maju, kini alat – alat tersebut sudah bertambah banyak menjadi  32 buah. Produk utamanya adalah dress untuk acara – acara resmi.

Contoh dress batik yang diproduksi oleh rumah produksi Galuh Bali adalah :

Pada umumnya gaun untuk ke pesta tidak terlalu banyak mengalami perubahan tren dari tahun – tahun sebelumnya. Biasanya model baju pesta yang terbaru adalah mirip dengan tahun sebelumnya.

Perubahan yang terjadi adalah warna serta jenis dari bahan yang dipakai. Untuk pesanan, gaun pesta lebih sering disesuaikan dengan karakter dan selera dari si pemakainya, maka dari itu tidak perlu memperhatikan terlalu serius sebuah tren fashion.

Misalnya, gaun pesta dengan long lasting model A line serta model duyung dapat memberikan tampilan langsing dan tinggi pada si pemaka kostum pesta tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Alternatif lainnya adalah gaun dibikin agak panjang hingga menutupi bagian sepatu si pemakai. Apabila hendak tampil agak seksi, bisa dengan membuat backless atau mini dress serta bentuk tambahan seperti memberi ekor panjang hingga pada mata kaki, bagian dari atas memakai model kemban maupun one shoulder.

Tren terbaru dari koleksi batik Galuh adalah tren baju pesta 2016 yang dikenal dengan istilah One Shoulder,  Slash Front Dress (model simple), Simple Dress, Royal Dress, serta Icon Gown.

Demikian info dari kami.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *