Mengenal Cara Kerja dari Enzim Pencernaan

aMengenal Cara Kerja dari Enzim Pencernaan – Setiap manusia pastinya memiliki pencernaan yang akan membantu mereka dalam menjalankan beberapa aktivitasnya ini. Untuk menjalankan pencernaan ini pastinya dibutuhkan beberapa asupan gizi yang memang bisa memenuhi gizi dalam tubuh. Pada saat melakukan pencernaan, tubuh kita akan dibantu oleh beberapa enzim yang akan membantu untuk mencerna beberapa makanan ini. Oleh karena itu anda bisa mempelajari beberapa enzim yang akan membantu anda dalam pencernaan.

Enzim yang membantu pencernaan

Pada saat terjadi proses pencernaan, tubuh kita tidak hanya sendiri mengerjakan proses ini. Ada beberapa bagian tubuh lain yang ikut bekerja untuk menstabilkan proses pencernaan ini. Salah satu hal yang juga membantu proses ini adalah enzim. Ini merupakan sebuah cairan yang akan membantu menyeleksi beberapa kandungan yang ada dalam makanan. Berikut ini adalah beberapa enzim yang digunakan dalam proses pencernaan antara lain:

  • Enzim Amilase, berada di dalam mulut yang akan mengubah amilum menjadi maltose.
  • Enzim Renin, berada di dalam lambung yang akan mengubah kaseinogen menjadi kasein.
  • Enzim Lipase, berada di dalam pankreas yang berfungsi untuk mengemulsi lemak menjadi gliserol.
  • Enzim Pepsin, berada di dalam lambung yang akan mengubah protein menjadi pepton.

Beberapa enzim ini akan sangat membantu anda karena anda yang memiliki sistem pencernaan tidak normal bisa saja disebabkan oleh adanya kesalahan dalam pencernaan ini. Selain itu ini juga bisa terjadi karena adanya kesalahan pada enzim. Ini akan menjadi hal yang sangat penting karena akan bisa membuat anda terkena beberapa penyakit yang memang disebabkan oleh adanya kesalahan pada saat sistem pencernaan mengolah makanan.

Cara bekerja sistem pencernaan

Pada saat terjadi pencernaan beberapa enzim tersebut akan terus berperan aktif dalam mengolah makanan sehingga akan menjadi pencernaan yang baik. Berikut ini ada beberapa tahap yang akan membantu anda dalam sistem pencernaan antara lain:

  1. Makanan akan masuk melalui mulut dan diolah oleh enzim amylase.
  2. Makanan akan mengalir menuju lambung, di lambung makanan akan diolah dengan bantuan enzim renin, enzim pepsin dan asam lambung.
  3. Makanan juga akan diolah oleh pankreas dan hati, jika anda makanan yang tidak sesuai maka akan dibuang.
  4. Makanan yang dibuang ini nantinya akan masuk ke dalam sisa pengeluaran yang akan terjadi di anus..

Setelah mempelajari beberapa cara pencernaan ini maka anda pastinya akan semakin menghargai beberapa jenis enzim ataupun cara pencernaan yang ada pada tubuh kita. Anda bisa melihat betapa sulitnya tubuh kita mengolah makanan yang itu punya. Oleh sebab itu sebaiknya dalam makan pelan-pelan agar tubuh kita semakin siap menerimanya. Berdasarkan artikel ini maka anda akan mengetahui apa saja antisipasi yang bisa dilakukan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Mengenal Cara Kerja dari Enzim Pencernaan

  1. Pingback: Ruang Lingkup Biologi, Kontroversi, dan Cabang Ilmu | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *