Mengenal Dioxin dan MCPD (MONOCHLORO DIPROPANE DIOL)

Mengenal Dioxin

Dioxin adalah nama umum untuk sekelompok polychlorinated dibenzodioxins (PCDDs).Dioxin, yang merupakan anggota komponen organik terhalogenasi, diketahui terakumulasi dalam tubuh manusia dikarenakan sifatnya yang lipofilik. Dioxin termasuk teratogen, mutagen,dan diduga carcinogens untuk manusia.

Untitled

Struktur dasar dioxin terdiri dari 2 cincin benzen yang digabungkan oleh dua jembatan oksigen. Atom klorin menempel pada struktur dasar pada 8 posisi yang berbeda, yaitu posisi 1-4 dan6-9. Toksisitas dioxin tergantung pada jumlah dan posisi atom klorin. Dioxin yang paling toksik yaitu 2,3,7,8 tetrachlorodibenzo-pdioxin (TCDD), menjadi sangat terkenal sebagai kontaminan Agent Orange, herbisida yang digunakan dalam perang Vietnam. Dioxin memasuki rantai pangan terutama melalui konsumsi ikan, daging dan produk susu karena dioxin bersifat larut lemak.

Dioxin diserap ke dalam tubuh terutama melalui asupan lemak, dan terakumulasi di dalam tubuh hewan maupun manusia. Pada manusia, dioxin terklorinasi berada pada jaringan lemak,dan tidak segera dimetabolisasi maupun dieksresi.

Dioxin dihasilkan dalam jumlah kecil jika suatu materi organik terbakar dengan keberadaan klorin, baik sebagai ion klorin atau sebagai komponen organoklorin. Sumber utama dioxinadalah pembakaran batubara, pencairan logam, asap truk diesel, pembakaran kayu yang telah diberi perlakuan.

Pada tahun 1994, U.S. EPA (Environmental Protection Agency) melaporkan bahwa dioxinadalah probable carcinogen, tapi mengakibatkan kanker (reproduksi dan sistem imun). TCDD adalah dibenzodioxin yang paling toksik, memiliki waktu paruh sekitar 8 tahun dalam tubuh manusia. Dioxins juga terakumlasi dalam rantai pangan. Hal ini berarti meskipun air terkontaminasi dalam jumlah kecil namun dapat terkonsentrasi hingga kadar yang membahayakan dalam rantai pangan karena waktu paruhnya yang panjang dan kelarutannya yang rendah.

Efek lainnya yaitu : perkembangan abnormal dari enamel gigi anak, patologi pada Central Nervous System dan Peripheral Nervous System, kerusakan pada tiroid, kerusakan pada sistem imun, endometriosis dan diabetes.

MCPD (MONOCHLORO DIPROPANEDIOL)

3-Chloro-1,2-propanediol dibentuk jika ion klorida bereaksi dengan trigliserida dalam makanan dibawah kondisi tertentu, termasuk kondisi pengolahan pangan, pemasakan danpenyimpanan. Komponen ini ditemukan pada berbagai makanan, dan yang paling terkenal adalah dalam produk hidrolisat protein dan kecap kedelai yang dibuat dengan cara hidrolisis asam, sedangkan kecap kedelai yang difermentasi secara tradisional tidak mengandungMCPD. MCPD juga terdeteksi pada konsentrasi rendah pada produk sereal yang disangraidan dibakar. Pembentukan MCPD dapat diminimalisir dengan memberlakukan GMP dalam pengolahan pangan. MCPD merupakan precursor 1,3-dichloro-2-propanol dalam hidrolisat protein. Dalam kecap kedelai, konsentrasi 1,3-dichloro-2-propanol jauh lebih rendah dari pada MCPD.

Senyawa propanol terklorinasi merupakan kontaminan dalam hidrolisat protein nabati. Proses penghilangan lemak dari protein nabati dengan cara hidrolisis oleh asam klorida mengakibatkan pembentukan 3-chloro-1,2-propanediol dan 1,3dichloro-2-propanol.

3-Chloro-1,2-propanediol menembus barrier antara darah dan testis serta darah dan otak,dan terdistribusi luas dalam cairan tubuh. Tikus yang menerima 3chloro-1,2 propanediol pada dosis 6.5 mg/kg BB per hari selama 9 hari mengalami penurunan yang signifikan untuk kadar RNA dan proteinnya dalam testis, dan perubahan ini paralel dengan peningkatan konsentrasi proteinase dan ribonuklease. Namun kadar DNA tidak berubah. MCPD menurunkan fertilitas pada tikus jantan. Pada dosis tinggi (10-20 mg/kg BB), terjadi perubahan morfologi sperma,dan pada dosis > 25 mg/kg, tikus dan mencit menunjukkan lesi CNS. Pada studi jangka pendek menggunakan dosis tinggi pada tikus dan mencit, ginjal merupakan organ target toksisitas. MCPD tidak bersifat genotoksik secara in vivo.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *