Mengenal Fasilitas Google Sebagai Media Pendukung Proses Riset Market Di Indonesia

Mengenal Fasilitas Google Sebagai Media Pendukung Proses Riset Market Di Indonesia – Apakah anda pernah berpikir bahwa pemahaman anda tentang internet marketing pada umumnya seperti orang awam terhadap dunia IT dan ilmu komputer yaitu internet marketing merupakan media jualan melalui internet.

Sebenarnya pengertian tersebut tidak salah samasekali karena kalau dilihat dari definisinya, internet marketing merupakan pemasaran secara online melalui internet.

radiotor

Hal ini akan berhasil dengan sempurna jika anda sudah menguasai tentang pemasaran, berarti itu bukan hanya mencakup penjualan saja tapi juga termasuk promosi, branding, dan membina hubungan dengan para pelanggan (customer service) yang dilakukan dengan cara online.

Lalu, apa manfaat anda melakukan internet marketing ( pemasaran online ) ?

Masing – masing pebisnis, baik itu pemilik bisnis offline atau pemilik bisnis online pastilah ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin menonjolkan brand mereka agar menjadi lebih terkenal.

Nah, melalui internet adalah salah satu media yang bagus untuk memberikan informasi kepada para pengguna internet (netter) tentang bisnis yang sedang mereka lakukan, dan juga sebagai media untuk menjual produk-produk yang mereka unggulkan.

Anda bisa mengandalkan beberapa fasilitas google yang dimanfaatkan untuk melakukan riset market. Bagi rekan-rekan yang telah lama berkecimpung dengan dunia internet marketing, mungkin sudah akrab dengan fasilitas-fasilitas di bawah ini tapi bagi anda yang belum mengetahuinya, ada baiknya menyimak ulang beberapa tools google yang efektif untuk mendukung anda dalam melakukan riset market :

1). Google Trends

Tools ini bisa digunakan untuk mengetahui tentang topik yang sedang trend di internet. Sangat cocok digunakan bagi anda yang mempunyai website/blog dengan topik news terhadap toko online yang khusus menjual produk-produk terbaru.

Google trends selalu menampilkan update terbaru terhadap hal – hal yang sedang hangat dan banyak dicari melalui internet. Silahkan anda mencoba cara ini.

2). Google Documents

Fasilitas google yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk membuat polling atau survey secara online.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisa melakukan riset market yang paling utama yaitu untuk mengetahui selera apa saja yang disukai oleh konsumen.

Dengan adanya polling ini, maka diharapkan seorang pebisnis bisa mengatahui apa yang diinginkan oleh konsumen. Anda bisa mengunjungi beberapa web site yang terkait dengan google documents.

3). Google Consumer Surveys

Fasilitas yang satu ini hampir menyerupai dengan fasilitas google documents yaitu bagus untuk melakukan survey secara online, hanya saja google consumer surveys ini mengkaji lebih dalam dan khusus tentang hal-hal yang erat hubungannya dengan minat konsumen dan pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar google consumer surveys.

Namun fasilitas ini tidak dapat digunakan secara gratis. Anda diwajibkan membayar sebesar $0.1 per orangnya. Anda bisa mengunjungi web site terkait dengan poin ini.

4). Google Keyword Planner Tool

Fasilitas ini banyak dimanfaatkan oleh mereka yang ingin mengetahui seputar informasi dan data keyword atau kata kunci yang digunakan erat kaitannya dengan produk yang sedang mereka jalankan.

Tool ini sangat bermanfaat untuk memperoleh ide-ide kata kunci baru serta peluang – peluang bisnis lainnya yang dapat anda lakukan pada seputar bisnis yang anda tuju.

Dengan tools ini, diharapkan anda bisa mengetahui jumlah pencari sebuah kata kunci dan juga kata kunci lainnya yang kerap diketikkan di mesin pencari google.

Dengan begitu, anda bisa mendapatkan lebih banyak target tentang audiens untuk website bisnis anda. Anda bisa mencoba tools tersebut pada web site yang erat berhubungan dengannya.

Untuk mendapatkan semua tools tersebut di atas, yang perlu anda lakukan hanyalah sebuah akun google atau email google alias gmail.

Baca Artikel Lainnya :

Melakukan riset market saat ini bisa anda lakukan dengan cara yang lebih mudah, namun bagaimana pun juga riset via offline tetap harus anda lakukan guna menyempurnakan riset bisnis anda.

Semoga bermanfaat..

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *