Mengenal Fermentasi Aerobik dan Manfaatnya

Mengenal Fermentasi Aerobik dan Manfaatnya – Pada dasarnya tubuh manusia melakukan serangkaian proses untuk bisa menghasilkan energi, tak hanya sebatas makan dan makan saja, melainkan makanan atau sumber nutrisi tersebut nantinya akan diolah mulai dari reaksi enzimatis yang terjadi dalam mulut dan organ lambung, hingga terpecah menjadi molekul-molekul kecil.

Untitled

Molekul inilah yang dijadikan sebagai bahan terjadinya reaksi kimia dalam tubuh manusia. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa setidaknya proses biologis yang berhubungan respirasi ada 4 jenis. Dimulai dari tahapan glikolisis pada sitoplasma, dilanjutkan dengan proses siklus krebs dan juga transfer elektron, berakhir pada fermentasi.

Kali kita akan membahas mengenai fermentasi, sebagaimana yang telah diketahui bahwa fermentasi merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk menghasilkan alkohol, hal ini umumnya terjadi pada bahan makanan tertentu misalkan saja fermentasi ragi dan juga anggur.

Namun ternyata di dalam tubuh manusia juga mengalami tahapan yang satu ini sebagai bagian untuk mendapatkan energi. Jenisnya sendiri terbagi atas 2, yaitu:

  1. Fermentasi anaerobik, sama seperti namanya proses yang satu ini tak membutuhkan oksigen sama sekali, umumnya terjadi pada jenis bakteri anaerobik atau jamur. Dalam tubuh manusia sendiri fermentasi anaerobik hanya terjadi pada saat-saat tertentu, salah satu contohnya ketika kita sedang melakukan olahraga. Kegiatan yang sangat bermanfaat ini ternyata dapat membuat tubuh menjadi kekurangan oksigen. Hal ini tersebut menyebabkan proses fermentasi asam laktat berlangsung pada otot-otot tubuh, kita akan merasakan panas hingga rasa linu atau capek sehabis berolahraga merupakan bagian dari efek samping fermentasi tersebut.
  2. Fermentasi aerobik, jenis yang satu ini juga bisa terjadi dalam tubuh manusia fungsinya sendiri cukup berbeda, jika pada sebelumnya untuk menghasilkan asam asetat yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu maka disini keberadaan oksigen sangat penting untuk membakar gula atau glukosa menjadi energi. Tak hanya dalam tubuh manusia saja, melainkan tumbuhan juga hewan bisa melakukan respirasi ini, hanya saja tak begitu sering terjadi.

Manusia, hewan dan tumbuhan pada dasarnya sama, tak bisa terlepas dari satu energi yang tak habis-habisnya yaitu matahari. Bintang paling besar dalam jagad raya tersebut memberikan sumber kehidupan baru.

Setiap sel dari tubuh makhluk hidup tak akan bisa terlepas darinya, apalagi untuk prose respirasi, keberadaan energi matahari, ditambah dengan air dan juga oksigen bahkan mampu menciptakan energi sendiri, misalkan saja untuk tumbuhan yang dapat melakukan fotosintesis.

Jenis fermentasi aerobik atau yang mutlak membutuhkan oksigen menuntut jauh lebih banyak energi dibandingkan dengan reaksi oksigen , merupakan bagian reaksi seluler mengingat ATP masih bisa terbentuk dari sini, meskipun jumlahnya tak sebanyak reaksi respirasi lainnya seperti glikolisis maupun siklus krebs bahkan transfer elektron.

Jika pada fermentasi anaerobik atau tanpa oksigen manusia akan mengalami efek samping berupa nyeri otot maka di fermentasi aerobik hasilnya adalah kebalikan, yaitu untuk meredakan nyeri tersebut. Mengingat setelah berolahraga dan tubuh kekurangan oksigen selanjutnya Anda bisa kembali istirahat dan mulai menghirup oksigen sebanyak-banyaknya, reaksi fermentasi aerob bisa terjadi kembali.

Reaksi kimia yang ada di dalam tubuh manusia terkadang memang bertolak belakang, jika ada salah satu produk energi negatif maka akan dinetralkan dengan ion positif, seperti halnya jenis yang satu ini. Bagi seorang atlet terlalu banyak olahraga memang memiliki dampak yang positif bagi kesehatan namun tak jarang juga memicu hal negatif seperti timbunan asam laktat dalam otot tersebut.

Baca Juga : Membedakan Antara Respirasi Aerob Serta Anaerob dalam Sel

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *