Mengenal Fungsi dan Bagian-Bagian Akar Tumbuhan

Mengenal Fungsi dan Bagian-Bagian Akar Tumbuhan – Apapun itu jenis tumbuhannya pastilah memiliki bagian-bagian penting diantaranya adalah akar, batang dan juga daun, karena jika melihat dari klasifikasi tumbuhan sendiri terdiri atas 3 hal tersebut. Akar merupakan bagian tumbuhan yang memang sangat jarang terlihat mengingat letaknya sendiri berada di dalam tanah dan apabila dicabut juga akan mempengaruhi kelangsungan hidup dari tumbuhan yang bersangkutan. Namun jika melihat dari fungsinya ada banyak sekali manfaat akar bagi tumbuhan, dan jika tak ada bagian yang satu ini pastilah akan mempengaruhi kehidupan dari tumbuhan tersebut.

a

Akar difungsikan sebagai bagian yang sangat penting, diantara bagian yang lainnya, berikut ini beberapa fungsi utama dari sebuah akar tumbuhan, yaitu:

  • Untuk menyerap air dan juga mineral dari dalam tanah untuk kelangsungan hidup dari tumbuhan tersebut, tumbuhan sendiri layaknya manusia yang membutuhkan kecukupan air dan juga makanan tanpa adanya akar tentunya ia tak akan mampu mencukupi hal tersebut, jadi untuk kelangsungan hidupnya sendiri juga akan dipertanyakan.
  • Akar digunakan untuk menyokong tubuh tumbuhan, karena menjadi bagian yang letaknya ada di dalam tanah tempat untuk berpijak, maka akar ini berfungsi untuk menyokong tubuh tumbuhan, apalagi dengan adanya akar yang kuat setinggi apapun tumbuhan tersebut tak akan mudah tergoyahkan, mengingat bagian ini bisa mencengkeram tanah dengan sangat kuat.
  • Akar digunakan sebagai alat pernapasan, bukan tanpa alasan karena memang setiap bagian dari tubuh tumbuhan memiliki pori-pori untuk respirasiya sendiri, pori-pori yang ada di dalam tanah inilah yang nantinya akan mengeluarkan dan juga menyerap udara, tentunya yang berasal dari dalam tanah juga.
  • Sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan, tak semua tumbuhan memang yang memiliki fungsi akar untuk menyimpan cadangan makanan, namun hanya sebatas pada beberapa jenis saja layaknya umbi-umbian.

Ternyata meskipun terbilang sebagai bagian yang paling tak terlihat diantara yang lainnya, namun ada banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan dari sebuah akar. Organ tumbuhan yang satu ini juga terbagi atas beberapa bagian lagi, diantaranya adalah:

  • Epidermis, merupakan sel-sel luar yang umumnya berada di bagian ujung dari akar, fungsinya sendiri adalah untuk memperluas bidang penyerapan.
  • Korteks, sel ini memiliki vakuola yang cukup besar dan digunakan untuk menyimpan zat pati atau cadangan makanan.
  • Endodermis, jaringan yang satu ini terdiri atas selapis suberin atau zat gabus, akan selalu membelah dan juga tanggal.
  • Silinder pusat, merupakan central atau bagian tengah yang berada di dalam sel endodermis, memiliki 2 jenis jaringan pengangkut di dalamnya, yaitu floem dan juga meristem.

Semoga beberapa informasi mengenai akar mulai dari manfaat dan juga bagian-bagiannya tersebut dapat membantu anda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *