Mengenal Gametogenesis Pada Hewan dan Tumbuhan

Mengenal Gametogenesis Pada Hewan dan Tumbuhan – Sering kali kita mengenal istilah spermatogenesis pada pria maupun oogenesis yang ada pada wanita, 2 hal ini sebenarnya sama hanya saja terjadi pada orang yang berbeda. Merupakan suatu proses pematangan dan pembentukan sel kelamin atau yang lebih dikenal dengan nama gamet entah itu pada pria maupun wanita saat memasuki usia yang sudah cukup matang. Hasil yang dibentuk tentunya sudah cukup jelas yaitu sel kelamin yang nantinya akan digunakan pada proses pelestarian keturunan selanjutnya.

Untitled

Baca Artikel Lainnya :

Jika pada manusia kita bisa membedakan secara langsung antara pembentukan gamet jantan dan juga betina, maka bagaimana dengan tumbuhan, apalagi kita tak bisa melihat secara langsung bahwa tumbuhan bisa melakukan interaksi antara yang betina dan jantan.

Ternyata meskipun ama-sama mahluk hidup dalam proses perkembangbiakannya sendiri sangat jauh berbeda. Beberapa jenis tumbuhan bahkan kebanyakan merupakan hermaprodite. Bisa dikatakan bahwa tumbuhan tersebut memiliki kelamin ganda yaitu betina dan jantan, bukan hal yang aneh justru menjadi sebuah keuntungan tersendiri, mengingat dengan begini mereka bisa secara langsung melestarikan keturunan tanpa harus ada hubungan antara jantan dengan betina.

Proses pematangan sel kelamin atau gamet pada tumbuhan inilah yang kemudian lebih dikenal dengan nama gametogenesis. Dari segi nama memang tak ada sperma maupun ovum, karena memang mereka bisa menghasilkan satu gamet betina maupun jantan atau bahkan kedua-duanya sekaligus bergantung pada pembelahan yang terjadi.

Proses ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan yang terjadi pada manusia yaitu berasal dari satu sel kemudian mengalami beberapa pembelahan, pada proses pembelahan pertama mungkin terjadi secara mitosis dan menghasilkan jumlah kromosom yang sama dengan indukan, namun saat terjadi berkali-kali dan pada pembelahan meiosis maka jumlah kromosom yang dihasilkan hanya setengahnya saja, hal ini juga dikenal dengan haploid.

Setelah mengenal proses gametogenesis yang terjadi pada tumbuhan sekarang kita akan beralih pembahasan pada hewan, mahluk hidup yang satu ini memang tak sama dengan manusia maupun tumbuhan, sebagian diantaranya memang melakukan reproduksi secara seksual antara betina dan jantan, namun Anda tentunya juga tau bahwa cukup banyak yang tak melakukan reproduksi ini namun tetap bisa menghasilkan keturunan.

Hal ini menunjukkan bahwa ada proses gametogenesis yang ada di dalamnya. Sebenarnya namanya sama seperti manusia yaitu oogenesis dan juga spermatogenesis hanya saja terkadang pembuahan tak terjadi di dalam melainkan da di luar tubuh seperti pada ikan-ikan tertentu.

Setelah mengenal dari hewan selanjutnya adalah jenis tanaman berbunga, apalagi yang kita kenal dengan nama bunga sempurna dimana ada 2 sel kelamin di dalamnya yaitu jantan dan juga betina. Kedua-duanya sudah tentu akan mengalami fase pembentukan sel kelamin ganda yaitu menghasilkan satu haploid ovum dan haploid sperma. Hal ini akan memudahkan proses peleburannya hingga bisa menjadi bakal buah dan biji.

Belajar mengenai reproduksi memang sangat luas bukan hanya yang terjadi pada manusia saja melainkan juga mahluk hidup yang ada di sekitarnya seperti tumbuhan bahkan hewan.

Proses pematangan atau pembentukan sel kelamin ini sebenarnya sangat menarik untuk disimak, apalagi tiap mahluk hidup memiliki karakteristik berbeda, sari satu kingdom atau kerajaan saja bahkan cukup banyak yang memiliki keanekaragaman dan proses gametogenesis, bagaimana cara ia menghasilkan sel kelamin dan juga hingga memasuki fase perkawinan hingga akhirnya bisa menghasilkan keturunan, manusia memang beragam wajah dan bentuk tubuhnya, namun tumbuhan cukup seragam karena memang dihasilkan dari sel yang sama.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *