Mengenal Hama dan Penyakit Tanaman Cabai

Mengenal Hama dan Penyakit Tanaman Cabai – Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang terkadang rentan terserang penyakit dan hama, salah satunya adalah tanaman cabai. Hama adalah suatu organisme yang merugikan. Hama dapat menyerang tanaman diantaranya berupa serangga, nematoda, gastropoda. Serangga yang merugikan diantaranya belalang, larva, kutu. Nematoda yang termasuk hama misalnya Meloidogyne. Gastropoda yang termasuk hama misalnya Deroceras reticulatum yang merupakan siput hama.

Untitled

Ulat, hama dan penyakit pada cabai

Ulat merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman cabai. Terdapat beberapa jenis ulat yang termasuk hama. Ulat grayak adalah ulat yang dapat memakan daun hingga bolong atau hingg habis sehingga menyebabkan kemampuan fotosintesis terganggu. Ulat jenis Spodoptera dan exiqua dan Helocoverpa sp yang menyebabkan buah cabai berlubang. Ulat tersebut menyerang ketika malam hari atau saat teduh.

Pengendalian hama dan penyakit tanaman cabai

Pengendalian untuk hama ulat pada tanaman cabai dapat dilakukan dengan mengambil langsung ulat tersebut yang berada di tanaman cabai kemudian dimusnahkan. Dapat juga menggunakan insektisida jika tidak berani untuk memegang dan mematikan ulat tersebut. Gunakan insektisida sesuai dengan takaran yang disesuaikan, kemudian semprot ketika malam hari atau saat hari teduh karena ulat keluar dari persembunyiannya. Dengan cara tersebut, ulat akan efektif untuk diberantas.

Jenis hama dan penyakit tanaman cabai

Selain ulat, terdapat beberapa hama yang mengganggu tanaman cabai, diantarnaya yaitu:

  • Hama lalat buah dapat menyebabkan buah rontok dan gagal panen. Pola serangan hama ini dengan perantara lalat dan biasanya terjadi setelah tanaman kering dari empun saat pagi. Pencegahannya dengan memutus rantai lalat yaitu membuang cabai yang terkena atau menanam jauh dari tanaman buah.
  • Hama kutu daun menghisap cairan daun hingga habis sehingga mengering dan keriting. Pengendaliannya dengan menghilangkan daun tersebut dan menanam jauh dari semangka, kacang panjang, melon.
  • Hama tungau akan menyebabkan daun keriting seperti sendok terbalik, tebal dan kaku lalu mati. Pengendalian dengan mencabut tanaman yang sudah terserang parah.

Hama trips menyebabkan daun bergaris keperakan, bercak kuning dan kerdil. Pengendalian dengan predator alami misal kepik.

Berbagai jenis hama dan penyakit tanaman cabai

Penyakit yang kerap menyerang tanaman cabai misalnya patek atau antraknosa yang menyebabkan kecambah akan layu ketika disemaikan dan mati pucuk, kering saat dewasa. Penyakit bercak daun cercospora yang menyebabkan daun terdapat bercak bundar berwarna abu-abu dengan pinggir coklat. Penyakit layu yang dibedakan menjadi layu fusarium dan layu bakteri. Penyakit mozaik atau keriting daun yang gejalanya daun belang menajdi huaju muda dan hijau tua, tumbuh kerdil dan tulang daun menguning. Penyakit virus kuning bersumber dari gulma atau tanaman penyakit lainnya yang menyebabkan daun dan batang menguning. Penyakit busuk akar, buah dan batang terutama ketika musim hujan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *