Mengenal Jenis-jenis Hutan

Mengenal Jenis-jenis Hutan – Hutan merupakan suatu wilayah atau kawasan yang ditumbuhi oleh pohon dan tumbuhan dengan lebat. Fungsi dari hutan diantaranya untuk habitat hewan, sebagai penampung karbondioksida, pengahasil oksigen, pelestari tanah, modulator arus hidrolika dan biosfer bumi yang paling penting. Pohon yang hidup di hutan dapat berumur hingga ratusan tahun dan memiliki tinggi hingga pulihan meter. Hutan dapat dibagi menjadi beberapa klasifikasi misalnya menurut kegunaan, sifat pohon, jenis pohon.

Untitled

Pembagian hutan beradasarkan jenis tumbuhan

Di dalam hutan terdapat tumbuhan di dalamnya. Menurut jenis tumbuhannya, hutan dibagi menjadi hutan heterogen dan hutan homogen. Hutan heterogen adalah hutan yang di dalamnya terdapat berbagai jenis tumbuhan misalnya terdapat pohon pinus, pohon karet, pohon jati. Hutan homogen adalah hutan yang di dalamnya hanya terdapat 1 jenis pohon saja misalnya hutan karet, hutan pinus, hutan jati, hutan bambu.

Pembagian hutan beradasarkan pada ketinggian

Berdasarkan ketinggiannya, hutan dibedakan menjadi 5 yaitu pertama, hutan pantai merupakan hutan yang tumbuh di daerah pantai misalnya hutan bakau. Kedua, hutan gambut adalah hutan yang berada di ekosistem basah karena penimbunan bahan organik pada dasar hutan, biasanya berada di pantai rendah Kalimantan. Ketiga, hutan dataran rendah yang berada pada ketinggian 0-1200 m. Keempat, hutan pegunungan rendah berada di ketinggian antara 1.300-2.500 m diatas permukaan air laut. Kelima, hutan pegunungan atas berada di ketinggian lebihd ari 3.500 mdpl.

Pembagian hutan beradasarkan iklim

Beradasarkan iklimnya, hutan dibedakan menjadi:

  • Hutan bakau atau mangrove yang berada di daerah pantai dan tumbuh di tempat yang terjadi akumulasi bahan organik misal di teluk, muara sungai dan pantai.
  • Hutan sabana adalah hutan dengan padang rumput yang luas dengan curah hujan yang rendah dan pohon yang sedikit.
  • Hutan rawa adalah hutan yang tumbuh di daerah rawa
  • Hutan hujan tropis adalah hutan lebay yang berada di garis katulistiwa yang mempunyai curah hujan yang sangat tinggi sehingga memiliki kelembaban, humus yang tinggi, subur dan tanah yang basah.
  • Hutan musim adalah hutan yang memiliki curah hujan yang tinggi dan memiliki periode kemarau yang panjang.

Hutan sabana dibagi menjadi 2 berdasarkan jenis tumbuhan yang ada yaitu hutan sabana murni dan hutan sabana campuran.

Pembagian hutan berdasarkan fungsinya

Beradasarkan fungsinya hutan dibagi menjadi 4. Pertama, hutan produksi adalah hutan yang hasil hutannya digunakan untuk kegiatan produksi. Kedua, hutan lindung adalah hutan dengan fungsi utama untuk melindungi tanah, air dan segala sesuatu yang ada di dalamnya untuk menyanggah kehidupan. Ketiga, hutan wisata untuk tempat rekreasi. Keempat, hutan suaka alam merupakan hutan yang fungsinya untuk melestarikan flora dan fauna yang ada di dalamnya agar tidak punah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *