Mengenal Jenis-jenis tumbuhan Berbiji

Mengenal Jenis-jenis tumbuhan BerbijiTumbuhan berbiji atau disebut juga dengan Spermatophyta merupakan salah satu jenis dari tumbuhan yang ada di dunia ini. Tumbuhan ini memiliki beberapa keunikan yang berbeda dengan tumbuhan paku atau kelas lainnya. Perbedaan yang dimiliki oleh tumbuhan ini adalah pada bagian tubuh yang berbeda dengan tumbuhan lainnya. Tumbuhan ini memiliki bakal biji yang bisa jadi adalah alat reproduksi mereka.

a

Ciri-ciri tumbuhan berbiji (spermatophyta)

Setiap tumbuhan pastinya memiliki ciri-ciri yang berbeda yang akan membuat tumbuhan ini berbeda dengan tumbuhan lainnya. Begitu pula dengan tumbuhan berbiji yang memiliki ciri-ciri antara lain:

  • Memiliki akar, daun dan batang yang sudah sejati atau sempurna.
  • Dapat menghasilkan biji untuk reproduksi.
  • Beberapa tumbuhan memiliki bunga yang akan mekar pada saat berbiji.
  • Organisme yang menjadi multiseluler karena memiliki banyak sel.
  • Bersifat autotrof, karena memiliki plastida yang berklorofil.
  • Mempunyai berkas pengangkut yang terdiri dari xilem dan floem.

Setelah anda mengenali ciri-ciri yang ada maka anda akan mengetahui beberapa hal yang memang membedakan tumbuhan ini dengan tumbuhan lainnya itu dari cara reproduksi yang sudah pasti berbeda dengan tumbuhan lainnya. Cara tumbuhan ini mendapatkan keturunan lainnya bisa terbilang unik karena menggunakan biji yang ada pada tubuhnya.

Reproduksi tumbuhan berbiji

Cara reproduski ini bisa anda pelajari dengan mudah karena akan sangat sederhana jika anda mampu memahaminya dengan baik. Berikut ini adalah cara bereproduksi yang dimiliki antara lain:

  • Perkembangbiakan secara generatif/ seksual, merupakan reproduksi yang terjadi dengan bantuan bakal biji yang dimiliki tumbuhan
  • Perkembangbiakan secara vegetatif/aseksual, merupakan reproduksi yang hanya menggunakan beberapa tunas

Jika anda sudah mengetahui mengenai beberapa cara reproduksi yang dimiliki oleh para tumbuhan ini, maka kini saatnya anda melihat beberapa pengklasifikasian dari tumbuhan ini. Karena tidak semua tumbuhan ini berada dalam satu kelas yang sama. Pasti masih ada perbedaan antara beberapa tumbuhan.

Pengklasifikasian tumbuhan berbiji

Ada beberapa jenis dan kelas dari tumbuhan berbiji yang bisa anda pelajari. Ini merupakan bagian dari ilmu alam yang harus dikuasai untuk melanjutkan ke beberapa jenjang. Berikut ini adalah pengklasifikasiannya antara lain:

  1. Gymnospermae, bagian dari tumbuhan spermathophyta yang sudah memiliki kambium dan merupakan tumbuhan dengan biji yang terbuka.
  2. Angiospermae, merupakan tumbuhan yang memiliki biji yang tertutup.

Jika sudah mengetahui pengklasifikasiannya saat ini maka ada beberapa kelas lagi dari beberapa klasifikasi diatas. Gymnospermae memiliki 4 kelas yaitu Kelas Gnetinae, Kelas Ginokinae, Kelas Coniferae dan Kelas Cycadinae. Dari setiap kelas tersebut pastinya memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan kelas lainnya yang akan membawa mereka ke dalam kelas tersebut. Biasanya perbedaan terdapat di organ tubuh.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Mengenal Jenis-jenis tumbuhan Berbiji

  1. Pingback: Persebaran Bioma Bergantung pada Intensitas Penyinaran Matahari dan Iklim | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Mengenal Klasifikasi Tanaman Padi | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *