Mengenal Jenis Limbah dan Cara Menanggulangi

Mengenal Jenis Limbah dan Cara MenanggulangiMeningkatnya usaha-usaha pembangunan di Indonesia serta semakin majunya teknologi di Indonesia memang berdampak pula pada peningkatan sumber daya yang digunakan untuk menyokong segala jenis kebutuhan manusia.

Untitled

Dampak negatifnya ialah semakin banyak pula bahan pembuangan yang berasal dari kebutuhan manusia tersebut, atau yang biasa Kita sebut dengan limbah. Limbah ini jika ada di dalam jumlah yang sedikit tentu bukan menjadi sebuah masalah yang berarti untuk masyarakat, namun jika limbah ini berada melebihi batas kenormalan, tentu saja akan banyak dampak yang bisa di dapatkan. Sebenarnya pencemaran ini berasal dari limbah industry, domestic serta pertanian.

Limbah industri

Limbah ini berasal dari kawasan industry yang biasanya membuang limbah namun tanpa proses penetralan bahan kimia. Limbah ini bisa berupa zat padat, atau cair. Contohnya saja dari sisa-sisa pengolahan kertas, rayon ataupun gula. Bila limbah cairan, biasanya di temukan pada pengolahan seperti pada pelapisan perak, boron, atau logam.

Limbah jenis ini tentu saja akan merusak lingkungan. Pada saat zat kimia tersebut langsung di buang di tanah, tentu menyebabkan PH yang berada di dalam tanah menjadi tidak seimbang, dengan begini ekosistem-ekosistem yang berada di sana tentu akan mengalami kekacauan. Bila akan terus terjadi seperti ini, lingkungan akan menjadi tercemar. Apalagi bila terkena sumber air atau di buang ke sungai.

Limbah domestic

Limbah ini ialah limbah yang paling sering Kita jumpai. Ia berada pada daerah pemukiman penduduk, atau tempat usaha. Jika limbah padat tentu Kita akan menemukan barang-barang seperti botol bekas, kaleng-kaleng minuman.

Jika berwujud cair seperti sisa-sisa detergen, jangan di kira limbah ini tidak berbahaya, justru limbah jenis ini ialah limbah yang sangat berbahaya, karena ia berhubungan langsung dengan lingkungan Kita. Jika terjadi ketidakstabilan lingkungan, Kita yang akan terkena dampaknya.

Limbah pertanian

Limbah jenis ini seperti sisa-sisa pupuk atau pestisida yang berada di dalam tanah. Sisa-sisa pupuk ini juga berbahaya, karena ia bisa mematikan seluruh mikroorganisme yang berada di dalam area pertanian.

Akibatnya tanah menjadi tidak subur lagi dan terus bergantung kepada pupuk-pupuk tersebut. Sebenarnya hal ini diakibatkan oleh tingginya kadar bahan kimia yang di gunakan oleh petani sewaktu mereka mengurus lahan mereka. Akibatnya bila hal ini terus-terusan terjadi, lahan akan menjadi tandus.

Bagaimana cara menanggulangi hal ini?

Ada beberapa cara yang bisa Kita lakukan untuk menanggulangi hal ini agar tidak semakin parah. Antara lain:

  • Lebih menanamkan cinta lingkungan serta mengetahui akibat bila tidak merawat lingkungan,
  • Memberikan pengawasan khusus pada pabrik yang sering membuang limbah-limbahnya, serta memberikan himbauan agar mereka menetralisir bahan-bahan kimia terlebih dahulu,
  • Pemberhentian penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan pada semua tanaman.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *