Mengenal Kehidupan dan Keunikan Lebah Madu

Mengenal Kehidupan dan Keunikan Lebah Madu – Kamu pernah melihat lebah? Lalu apa yang kamu lakukan ketika melihatnya? Kebanyakan diantara kita ketika melihat serangga tersebut langsung menghindar dan panik namun bukannya malah menjauh, lebah tersebut justru semakin mendekati kita.

Untitled

Alasan banyak orang untuk menghindari lebah biasanya karena takut disengat dan juga terganggu oleh suaranya yang berdegung. Lebah memang dikenal memiliki suara berdegung namun lebih bergemuruh ketika terbang hal ini sebagai tanda keberadaan lebah itu sendiri.

Selain itu sengatan yang berasal dari ekornya tersebut dapat menembus kulit dan ditinggalkannya berupa duri yang mengandung racun. Sebenarnya duri tersebut bukanlah duri yang mengandung racun atau bisa mematikan layaknya ular, namun hanya racun yang dapat membuat kulit menjadi bengkak dan membentuk benjolan serta memberikan rasa yang sakit.

Kebanyakan orang yang disengat lebah akan pulih kembali dalam waktu yang cukup lama oleh sebab itu banyak orang yang ketakutan olehnya. Hal ini terjadi karena lebah tersebut merasa terancam oleh kehadiran kita.

Namun, dibalik sikap lebah yang senang menyerang tersebut ternyata keidupan serangga tersebut amatlah menarik dan juga yang sering kita kenal lebah juga memiliki jasa yang besar bagi manusia yaitu sebagai penghasil madu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Lebah madu konon telah hadir di bumi sekita 30 juta tahun yang lalu, serangga ini merupakan satu- satunya serangga yang menghasilkan makanan yang juga mampu dikonsumsi oleh manusia.

Hasil makanan tersebut berupa madu yang diambil dari nectar bunga dan dikumpulkan didalam sarangnya yang dibuat sendiri oleh pasukan lebah dengan menggunakan lilin yang berasal dari bagian tubuhnya. Selain madu, sarang atau tempat madu tersebut juga kini banyak dimanfaatkan untuk kesehatan.

Dalam kehidupannya, ternyata serangga ini tidak berbeda jauh dengan rayap dimana terdapat sistem kasta atau kelompok di dalam kerajaan kehidupannya. Terdapat kasta lebah pekerja yang bertugas untuk mencari madu dari nektar bunga dan mengumpulkannya di dalam sarang.

Selain itu terdapat juga ratu lebah yang merupakan satu- satunya betina dalam kelompok hidupnya dan menjadi pusat perkembang biakan serangga lebah madu lainnya. Masa hidup lebah ratu tersebut dapat berkisar antara 2-3 tahun dan selama hidupnya hanya bertugas untuk kawin dan beterlur.

Dalam sekali bertelur, ratu lebah tersebut mampu menghasilkan hingga 2300 butir telur lebah. Selain itu terdapat juga raja lebah yang tidak memiliki sengatan seperti layaknya lebah jantan pekerja yang lain. Raja lebah tersebut hanya bertugas untuk melakukan pembuahan dengan betina.

Setiap kasta tersebut saling bekerja sama untuk mengumpulkan madu dan juga menjaga sarangnya dari ancaman musuh atau predator yang hendak mengambil madu mereka dan juga mematikan serangga- serangga tersebut. tentu hal yang dapat bida kita contoh sebagai manusia yaitu saling bekerja sama dan juga dapat bermanfaat bagi orang lain.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Mengenal Kehidupan dan Keunikan Lebah Madu

  1. Pingback: Benarkah Ada Ikan yang Mampu Terbang? | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *