Mengenal Kekayaan Hutan Indonesia

Mengenal Kekayaan Hutan Indonesia – Sudah banyak orang yang cukup peduli dengan adanya hutan di Indonesia, namun masih ada beberapa orang yang masih merasa hutan bukan merupakan yang penting. Padahal jika anda mengetahui secara lebih dalam, hutan merupakan salah satu tempat yang akan sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia karena memiliki banyak sekali fungsi yang tidak dapat terlewatkan.

Untitled

Karena hutan memiliki banyak sekali tumbuhan yang akan membantu manusia dalam menjalankan beberapa kegiatan mereka yang pastinya akan sangat membutuhkan hutan. Hutan juga akan membantu kita menghindari beberapa kerusakan alam.

Apa sebenarnya fungsi hutan?

Hutan merupakan sebuah lahan yang luas yang biasanya berada pada daerah yang lebih tinggi. Namun tidak semua hutan berada di pegunungan karena juga ada hutan yang berada di sekitar perairan yaitu hutan mangrove. Hutan ini harus selalu dijaga kesehatan dan juga kelestariannya karena akan sangat berpengaruh pada ekosistem yang ada pada sekitar hutan. Berikut ini adalah beberapa fungsi hutan antara lain:

  1. Penahan longsor, ini akan sangat baik bagi warga yang tinggal di lereng gunung. Hutan ini akarnya akan menahan beberapa longsor yang mungkin terjadi
  2. Memberikan mata pencaharian, bagi para orang yang tinggal di sekitar sana dapat mencari uang melalui sebuah hutan.
  3. Mendapatkan kebutuhan hidup, banyaknya tanaman akan membuat hutan kaya akan kebutuhan hidup

Hutan ini sudah menjadi beberapa bagian hidup seseorang yang memang tinggal disekitar hutan. Oleh karena itu kelestarian hutan harus selalu dijaga dengan baik agar ekosistem pada hutan tidak rusak dan selalu sesuai dengan yang baik. Menjaga ekosistem hutan memang tidaklah mudah terlebih jika masyarakat sudah terbiasa untuk merusak hutan yang pastinya akan sangat mengganggu mereka. Oleh karena itu harus diadakan pelatihan khusus untuk dapat membantu membuka pikiran masyarakat mengenai hutan yang baik.

Cara merawat hutan dengan baik

Di dalam sebuah hutan tidak hanya terdapat tanaman melainkan juga beberapa hewan yang pastinya menjadi bagian dari hutan. Bagi anda yang sangat cinta dengan hutan, maka anda bisa melakukan beberapa perawatan bagi hutan. Berikut ini adalah cara terbaik antara lain:

  1. Tidak menebang pohon di hutan secara sembarangan.
  2. Melestarikan beberapa tanaman unik yang ada di hutan.
  3. Selalu merawat kebersihan yang ada pada huta kita.
  4. Merawat hewan yang ada di hutan.

Kelestarian sebuah hutan pastinya juga akan sangat membantu kehidupan masyarakat agar lebih baik dan lebih mudah dalam menjalankan beberapa hal. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak hutan. Ini membuat Indonesia cukup serius dengan masalah kehutanan yang sering melanda Indonesia. Ada baiknya jika kita ikut melestarikan kekayaan alam Indonesia berupa hutan yang indah ini.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *