Mengenal Klasifikasi Tanaman Padi

Mengenal Klasifikasi Tanaman Padi – Padi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dapat diolah dan dijadikan sebagai sumber makanan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Padi diolah menjadi beras yang nantinya dimasak menjadi nasi sebagai sumber karbohidrat atau kebutuhan makanan pokok bagi sebagian kalangan masyarakat. Padi memiliki nama lain yaitu oryza sativa.

a

Tanaman di sektor pertanian ini dapat tumbuh di berbagai Negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis seperti di Negara-negara Asia meliputi Indonesia, Thailand, Vietnam, Cina ataupun di kawasan benua Afrika.

Karena iklim di Indonesia cocok untuk menanam padi, maka tak heran jika sumber makanan yang satu ini menjadi salah satu pilihan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat dibandingkan dengan kentang ataupun umbi-umbian.

Meskipun padi menjadi salah satu bahan makanan pokok dan sangat mudah ditemukan di berbagai kawasan pertanian di Indonesia, sebagian besar masyarakat tidak mengetahui dan mengenali seperti apa klasifikasi padi itu sendiri. Padahal, mengenali klasifikasi tanaman padi merupakan hal yang penting dan berguna untuk mengetahui pengelompokan tanaman tersebut secara ilmiah berdasarkan klasifikasi yang sudah dilakukan oleh para ilmuwan yang ahli.

Klasifikasi tanaman padi

Padi yang sering kita jumpai di berbagai kawasan pertanian dan persawahan di Indonesia mempunyai manfaat yang penting sebagai sumber karvohidrat atau makanan utama bagi masyarakat. Tanaman yang satu ini termasuk dalam division Spermatophyta di dalam sub division Angiospermae. Karena mempunyai biji berkeping satu, padi termasuk dalam golongan kelas Monocotyledoneae yang merupakan ordo Poales. Padi juga dikategorikan dalam family Graminae yang termasuk dalam genus Oryza Linn. Karena itulah padi memiliki nama lain yaitu Oryza Sativa.

Melakukan klasifikasi terhadap tanaman padi juga bisa dilakukan dengan mengamati dan meneliti bagian akar tanaman tersebut. Tanaman yang satu ini memiliki akar radikula yang akan tumbuh pada saat benih mulai berkecambah. Selain itu, tanaman padi juga dapat diklasifikasi berdasarkan jenis akarnya. Padi memiliki akar serabut yang berkembang menjadi akar tunggang. Tak hanya itu saja, tanaman padi juga memiliki akar tajuk yang tumbuh dari ruas batang padi yang paling rendah.

Gangguan tanaman padi

Sama seperti tanaman lainnya, tanaman padi juga memiliki berbagai macam ancaman, gangguan atau hama yang dapat menimbulkan kegagalan pada masa panen atau membuat tanaman padi tidak tumbuh dan hidup dengan sempurna. Salah satunya yaitu gangguan hama tikus, wereng dan burung.

Hama tersebut merupakan masalah dan musuh utama bagi para petani yang bisa menimbulkan kerugian karena hasil panen tidak sesuai dengan yang diharapkan. Itulah sebabnya berbagai penanganan seperti pemasangan perangkap, pembuatan orang-orangan sawah dan berbagai metode lainnya dilakukan untuk mencegah hama merusak tanaman padi yang akan dipanen dan menjadi sumber kehidupan para petani.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *