Mengenal Kue Bangkit Khas Indonesia Sebagai Kue Kering

Mengenal Kue Bangkit Khas Indonesia Sebagai Kue Kering – Sagu merupakan salah satu bahan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua terutama yang tinggal di pesisir pantai.

Sagu dimakan dalam beragam bentuk dan yang paling terkenal adalah papeda, semacam bubur, atau dalam olahan lainnya seperti kue kering.

Untitled

Sagu mudah dijual pada pasar – pasar tradisional hingga supermarket sebagai tepung curah maupun tepung yang dipadatkan dan dikemas dengan memakai daun pisang agar memiliki cita rasa daun pisang yang wangi. Pada beberapa tempat di kota – kota besar, sagu ada yang diolah menjadi mi.

Tepung sagu diketahui kaya akan kandungan karbohidrat ( pati ) dalam jumlah yang cukup besar, namun miskin kandungan gizi yang lainnya, hal ini terjadi sebagai akibat kandungan tinggi pati di dalam teras batang pohon sagu maupun proses pemanenannya sangat mendominasi.

Seratus gram tepung sagu tani kering setaraf dengan 355 kalori, dimana diketahui bahwa di dalamnya rata – rata terkandung 94 gram karbohidrat, 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10 mg kalsium, 1,2 mg besi, dan lemak, karoten, tiamin, dan asam askorbat dalam jumlah yang sangat kecil.

Sagu merupakan tepung atau olahan yang diperoleh dari pemrosesan teras batang pohon sagu yang dikenal dengan istilah dalam bahasa latin adalah Metroxylon sagu Rottb.

Sekilas pandang tepung sagu mirip dengan tepung tapioka. Dalam beberapa resep masakan kue kering, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh saat ini sudah bisa diganti dengan tepung tapioka sehingga kedua nama tepung ini sering kali membingungkan para pelaku bisnis UKM kue kering yang baru pertama kali menekuni usaha ini, tapi yang jelas kedua tepung ini berbeda.

Erat kaitannya dengan penjelasan kami tersebut di atas, di bawah ini kami berikan satu resep praktis membuat kue kering bernama kue bangkit khas Indonesia yang berasa gurih :

Bahan :

  1. 100 gram margarine
  2. 300 gram tepung sagu tani
  3. 50 gram gula halus
  4. 1 butir kuning telur ayam kampung
  5. 2,5 gram susu encer
  6. 50 gram keju parut

Cara membuat :

Kocok margarin dan gula halus, tambahkan kuning telur, aduk rata. Tuang susu encer, aduk lalu masukkan keju parut, aduk rata. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Cetak menurut selera lalu panggang dalam oven hingga matang.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat !

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *