Mengenal Lebih dalam Mengenai Jaringan Meristem

Mengenal Lebih dalam Mengenai Jaringan Meristem – Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang tersusun atas berbagai organ layaknya manusia, hanya saja dengan tampilan dan fungsi yang berbeda, menyesuaikan pada jenis tumbuhan tersebut. Dimulai dari berbagai macam sel yang nantinya akan membentuk sebuah jaringan, organ dan menjadi satu kesatuan yaitu makhluk hidup.

a1

Nah kali kita akan membahas salah satu jaringan penting dalam tubuh tumbuhan yaitu jaringan meristem atau yang dikenal juga sebagai jaringan pengangkut, fungsinya sangatlah penting dan juga vital karena digunakan dalam mengangkut air dan juga zat-zat yang berasal dari tanah guna kepentingan perkembangbiakannya.

Jaringan meristem kebanyakan juga digunakan untuk menggandakan atau perkembangbiakan secara vegetatif melalui teknik kultur jaringan, alasannya karena jaringan ini menjadi jaringan yang senantiasa membelah, jadi sangat memungkinkan dan juga mudah untuk membuatnya dapat menghasilkan sebuah kehidupan yang baru dari sana. Sifat khas inilah yang menjadikan jaringan meristem cukup dikenal untuk berbagai macam budidaya tumbuhan baru. Beberapa fungsi lainnya, jaringan yang satu ini dibagi lagi ke dalam 3 kelompok yaitu:

  • Jaringan promeristem, jaringan ini sudah ada sejak dulu bahkan meskipun tumbuhan tersebut masih dalam fase embrio, jaringan inilah yang nantinya akan mengawali atau menghasilkan sebuah meristem primer dalam tumbuhan.
  • Jaringan meristem primer, terbentuk atas pertumbuhan jaringan promeristem yang sudah da sebelumnya, jaringan ini hanya dapat anda temukan pada tumbuhan yang sudah dewasa, biasanya terdapat pada ujung akar dan juga ujung batang tumbuhan, pada bagian ini sering kali juga disebut meristem epical.
  • Jaringan meristem sekunder, meristem sekunder dikenal juga sebagai akibat perkembangan dari sebuah jaringan meristem primer, contohnya saja pada kembium, meristem sekunder ini digunakan untuk membuat tubuh tumbuhan menjadi lebih lebar atau menebal.

Untuk membedakan antara jaringan meristem dengan jaringan yang lainnya khususnya adalah jaringan pengangkut yang lain seperti floem berikut ini ada beberapa caranya, yaitu dengan mengenali ciri-ciri jaringan meristem, jaringan ini memiliki ciri-ciri diantaranya adalah:

  • Memiliki bentuk sel yang sama dengan ukuran yang juga relatif sama.
  • Dinding sel yang dimiliki oleh jaringan ini cukup tipis, selain itu sifatnya juga mudah sekali mengalami pembelahan.
  • Jumlah protoplasma yang ada dalam sel sangat banyak.
  • Isi sel yang ada di dalamnya mengandung zat makanan dan juga air, mengingat jika melihat dari fungsinya sendiri adalah untuk mengangkut zat makanan dan juga air yang berasal dari tanah.

Tentunya sekarang anda bisa dengan mudah mengenali jaringan pengangkut yang satu ini dan juga membedakannya dengan jaringan-jaringan lain yang sama-sama memiliki fungsi pengangkutan di dalam tubuh tumbuhan bukan, manfaatnya sama pentingnya dengan pembuluh darah manusia.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Mengenal Lebih dalam Mengenai Jaringan Meristem

  1. Pingback: Ciri, Sistem Reproduksi dan Klasifikasi Filum Coelenterata (Hewan Perut Berongga) | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Perkembangan Teori Sel dan Manfaatnya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *