Mengenal Lebih Dekat Seperti Apa Motif Kain Tenun Dayak Dari Kalimantan Barat

Kain tenun merupakan salah satu warisan budaya yang heritage sehingga menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Pada umumnya kain tenun dihasilkan melalui peralatan khusus disertai tehnik menenun yang bersifat tradisional sehingga menghasilkan selembar kain yang indah dan mengandung nilai seni cukup tinggi.

Kain tenun ini biasa dipakai oleh masyarakat suku Dayak Iban di Kalimantan Barat. Salah satu yang paling populer adalah kain Kebat. Kain ini merupakan salah satu jenis pakaian mewah yang sering digunakan pada upacara – upacara adat desa setempat.

m 80

Pada umumnya dibuat oleh para penenun asli dari suku dayak Iban dimana mereka lebih suka menggunakan motif – motif alam, seperti bunga, tanaman berdaun indah dan hewan – hewan langka bertubuh unik.

Rata – rata harga kain Kebat yang dijual di pasar – pasar tradisional bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kualitas kain serta keindahan dan kerumitan motif sangat menentukan harga kain Kebat menjadi mahal dan banyak diburu oleh para pengkoleksi kain tradisional sejenis kain batik.

Suku dayak Iban juga mempunyai beberapa koleksi kain tenun khas lainnya, salah satu diantaranya adalah kain tenun Sidan. Yang paling menonjol dari kain tenun jenis ini adalah pemilihan warna – warna terang dan cerah.

Kain lain yang juga berasal dari Kalimantan Barat dan dibuat oleh suku Dayak adalah kain Songket. Kain ini memiliki motif menarik seperti motif garis – garis yang besar dan tegas.

Hal ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki banyak koleksi kain – kain tradisional yang khas serta kaya akan motif yang beragam dibuat pada masing – masing daerah. Pengembangannya adalah :

1. 3 varian model rok kebaya modern dari kain tenun Songket.

Pada umumnya rok kebaya terbuat dari kain batik yaitu batik katun maupun batik sutra. Untuk penampilan sehari – hari yang sederhana, kaum remaja putri biasanya mengenakan batik katun, sedangkan menghadiri acara glamor, pilihlah kain batik sutra yang berkilau dan berkesan mewah. Rok kebaya saat ini sudah mengalami perkembangan jaman seperti 3 model rok kebaya modern di bawah ini :

  • Model tulip. Model rok ini memiliki bentuk span atau pas dengan bentuk badan dan tambahan berupa model bagian depan berbentuk seperti bunga Tulip khas dari negeri Belanda.
  • Model Mermaid. Model ini sering dikenal dengan nama model duyung. Model ini memiliki cutting menyempit atau pas lekuk tubuh dimulai dari bagian pinggang hingga ke lutut dan mengembang hingga ke bagian mata kaki. Bagi yang suka aksesoris, sebaiknya diberikan aksen lipit pada bagian ekor duyung yang berfungsi untuk memberikan tampilan baru yang lebih segar dan tidak monoton.
  • Model asimetris. Model ini lebih dikenal dengan istilah model tak beraturan dimana bagian depan rok dibuat lebih pendek dari bagian belakangnya. Model ini menonjolkan kesan sensual pada si pemakai dan cocok dikenakan pada remaja putri.

2. Model rok Songket untuk kebaya mewah.

Model rok Songket untuk kebaya ini berbentuk lurus tetapi kesempurnaan hasil tergantung dari jenis bahan Songket yang dipilih. Songket dayak asli terbuat dari alat tenun bukan mesin, maka sebaiknya rok Songket anda memakai bentuk bebas yaitu tanpa ada jahitan.

Cara memakainya adalah dengan melilitkan pada tubuh seperti memakai kain tradisional batik di Bali. Apabila anda memilih rok Songket mesin dari alat tenun mesin maka rok seperti ini bisa dijahit dan dibentuk dengan beragam model sesuai selera, seperti yang paling populer adalah model mermaid atau tulip.

Untuk tampilan lebih anggun dan mewah dalam acara pesta, buatlah model rok jenis royal dress yang sangat lebar dan besar di bagian bawah seperti bentuk gaun para puteri raja dari kerajaan Eropa.

Baca Artikel Lainnya :

Melihat beragam model yang bisa anda buat dari bahan kain tenun dayak khas daerah Kalimantan Barat, dapat disimpulkan bahwa kain tradisional jenis tenun Dayak telah lama mampu menjelma dari dan menjadi suatu ekspresi kosmologi terhadap budaya manusia Dayak yang pernah hidup di zamannya.

Sehingga kain ini tepat untuk anda jadikan oleh – oleh jika kebetulan sedang berlibur ke kawasan wisata di Kalimantan Barat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *