Mengenal Lebih Dekat Tentang Ekosistem Darat Beserta  Ciri-Cirinya

Ekosistem merupakan suatu interaksi berupa hubungan timbal balik mahluk hidup dan lingkungan abiotiknya yang terjadi pada suatu ekologi atau lingkungan disuatu tempat.

Ekosistem terdiri dari berbagai macam, yakni ekosistem darat dan perairan. Akan tetapi pada kali ini akan dibahas mengenai ekosistem darat. Berikut penjelasannya, check this out!

m 6

Ekosistem darat merupakan suatu ekosistem yang berada pada wilayah daratan. Berdasarkan keadaan fisiknya ekosistem darat dibedakan menjadi 6, yaitu:

1. Padang Rumput

Ekosistem ini mempunyai lingkungan fisik berupa savana yang luas atau padang rumput. Ekosistem ini mempunyai ciri-ciri:

  • Vegetasi pendominasi berupa rerumputan
  • Rumput pendominasi adalah rumput basah yang berukuran hingga mencapai 3 meter. Contohnya rumput Bluestem dan Indian Grasses.
  • Curah hujan berada pada kisaran 25 cm hingga 50 cm per tahun. Serta memiliki siklus yang tidak teratur.

2. Hutan Hujan Tropis

Ekosistem ini mempunyai lingkungan fisik berupa hutan yang sangat lebat dengan curah hujan yang cukup tinggi setiap tahunnya. Berikut ciri-cirnya:

  1. Vegetasi pendominasi berupa pepohonan yang mempunyai ketinggian kisaran 20 meter hingga 40 meter yang berdaun sangat lebat dan lebar.
  2. Intensitas cahaya matahari cukup walaupun tidak menembus hingga dasar hutan.
  3. Curah hujan yang terjadi cukup tinggi yakni pada kisaran hingga mencapai lebih dari 2.000 meter per tahun.

3. Tundra

Ekosistem ini mempunyai lingkungan fisik berupa daratan yang luas yang mendapat sedikit radiasi cahaya matahari. Mempunyai musim dingin yang cukup panjang, bahkan hingga mencapai 9 bulan dan musim panas yang cukup singkat yakni hanya berkisar 3 bulan.

4. Gurun

Ekosistem ini mempunyai lingkungan fisik berupa padang pasir yang cukup luas. Mempunyai kelembaban udara yang cukup rendah dan intensitas hujannya pun sangat rendah yakni hanya 25 cm per tahun bahkan terkadang kurang dari itu. Hal ini menyebabkan perbedaan suhu pada sing hari dan malam hari yang cukup besar.

Baca Artikel Lainnya :

5. Hutan Gugur

Ekosistem ini mempunyai lingkungan fisik yang cukup baik, yakni kenekaragaman jenis tumbuhannya sangat banyak akan tetapi lebih rendah daripada bioma hutan tropis.

Biasanya berada pada suatu wilayah yang mempunyai empat musim dengan curah hujan yang cukup merata sepanjang tahun.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *