Mengenal Lebih Jauh Buah Srikaya dan Manfaatnya

Mengenal Lebih Jauh Buah Srikaya dan Manfaatnya – Kamu tahu buah srikaya? Mungkin nama buah tersebut sedikit asing didengar namun sebenarnya buah ini merupakan salah satu buah yang lezat untuk dimakan.

11

Srikaya (Annona squamosa L) merupakan buah yang memiliki nama sebutan berbeda disetiap daerahnya. Namun meski mungkin terdengar asing sebenarnya buah ini banyak ditanam di Indonesia yang biasanya ada dipekarangan rumah. Namun, memang kini keberadaanya telah jarang ditemukan lagi.

Banyak orang yang terkadang sulit membedakan antara buah srikaya dengan buah sirsak karena kedua buah tersebut hampir mirip bentuk dan warnanya bahkan dari bentuk tanamannya.

Cara membedakannya tentu terletak pada rasa buah dimana buah sirsak memiliki rasa yang asam segar sedangkan buah srikaya memiliki rasa yang lembut dan manis. karena rasanya tersebut, biasanya buah srikaya lebih sering dijadikan sebagai perasa makanan seperti selai. Mungkin kamu sering mendengar makanan roti dengan rasa srikaya.

Selain memiliki rasa yang lezat untuk dimakan, buah srikaya nuga ternyata memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Bahkan seluruh bagian tanamannya memiliki khasiat tersendiri selain buahnya tersebut.

Sama seperti tanaman daun sirsak, daun dari buah srikaya juga dapat dijadikan sebagai ramuan tradisional untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit seperti demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat, menurunkan tekanan darah, bahkan juga berkhasiat untuk mencegah kanker. Caranya pun sama yaitu dengan mengambil beberapa helai daun tanaman srikaya lalu dicuci dan merebusnya untuk nanti kemudian diminum.

Terdapat bagian lain dari buah srikaya yang dapat dimanfaatkan sebagai obat macam penyakit yaitu biji buah srikaya tersebut. Bagian dalam buah srikaya memiliki biji yang berwarna hitam namun tertutup oleh serat dari buah srikaya tersebut. biji tersebut dapat dijadikan sebagai ramuan herbal dan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti cacingan yang biasa menyerang anak-anak dan juga dapat mengobati masalah kulit tubuh seperti gatal-gatal ataupun penyakit kulit lainnya.

Bahkan kandungan yang ada pada biji srikaya juga berkhasiat untuk mengatasi permasalahan pencernaan seperti sulit buang air besar dan juga dapat mengatasi sembelit.

Mengkonsusmi buah srikaya begitu pula bagian tanaman lainnya memang baik dan lebih dianjurkan terutama dalam hal kesehatan. Hal ini dikarenakan bahan tersebut berasal dari bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping.

Hanya saja dalam mengkonsumsinya sebaiknya diperhatikan takarannya dan jangan terlalu sering karena sesuatu yang berlebih akan menimbulkan efek tidak baik sehingga sebaiknya secukupnya saja.

Baca Juga :Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Kita

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *