Mengenal Lebih Jauh Hewan Capung

Mengenal Lebih Jauh Hewan Capung – Capung merupakan sejenis serangga yang keberadaanya sering kita jumpai dalam keseharian. Biasanya hewan tersebut terbang di sekitaran daerah yang memiliki banyak tumbuhan.

Untitled

Keberadaan capung sebenarnya hampir dapat dengan mudah di seluruh dunia karena hewan ini memiliki hampir sebanyak 5.000 spesies dengan memiliki keunikan masing- masing dan tersebar hampir diseluruh dunia. Capung tersebut sebenarnya memiliki siklus hidup yang hampir sama dengan serangga lainnya yaitu kupu- kupu.

Artikel Lainnya :

Capung mengalami proses metamorphosis hanya saja dengan bentuk yang tidak sempurna. Bila hewan kupu- kupu mengalami perubahan wujud atau bentuk mulai dari telur hingga menjadi serangga dewasa, lain halnya dengan capung. Serangga capung akan tetap memiliki bentuk dan wujud yang sama sejak mereka masih berbentuk larva hingga menjadi serangga dewasa.

Konon serangga capung merupakan serangga purba yang kini masih hidup dan terus berkembang biak. Capung telah ada di dunia sejak 300 juta tahun yang lalu. Yang membedakan antara capung saat purba dan saat ini ialah ukuran tubuhnya. Capung purba dikenal memiliki ukuran tubuh yang sangat bgesar dan seiring berkembangnya jaman dan terjadinya proses evolusi maka ukuran tubuh capung mulai mengalami pengecilan hingga yang sering kita jumpai saat ini.

Capung sebenarnya merupakan hewan predator yang memangsa serangga kecil lainnya seperti nyamuk. Capung dilengkapi mata yang bulat dan besar yang berfungsi untuk melihat mangsanya dari segala arah. Selain itu serangga tersebut juga dilengkapi dengan 2 buah sayap pada masing- masing bagian sisi tubuhnya yang membuat serangga tersebut mampu terbang dengan cepat.

Mungkin kebanyak kita sering menemui keberadaan capung yang hampir selalu dekat dengan air. Ternyata hal tersebut dilakukan karena capung menaruh telur- telurnya pada permukaan air tersebut. telur yang mereka taruh akan menetas dan menjadi larva capung yangberukuran sangat kecil dan seiring berjalannya waktu larva tersebut akan berubah menjadi capung kecil dan terus tumbuh menjadi capung dewasa dan siap untuk melakukan perkawinan dan berkembang biak kembali.

Selain itu mungkin kita juga sering menemui serangga capung yang seperti sedang berkelahi. Ternyata hal tersebut merupakan cara capung melakukan perkawinan dengan lawan jenisnya. Namun, sisi buruk dari hewan capung tersebut ternyata ia juga merupakan karnivora yang bahkan dapat memakan larva dari capung yang lainnya.

Selain itu sebagian hidup capung ternyata lebih lama saat ia menjadi larva yaitu sekitar selama 3 tahun dan setelah itu larva capung tersebut akan bermetamorfosis menjadi serangga capung dengan bentuk tubuh yang lengkap.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *