Mengenal Lebih Jauh Hewan Tapir

Mengenal Lebih Jauh Hewan Tapir – Kamu tahu hewan Tapir? Mungkin hanya sebagain orang saja yang mengenal dan mengetahui keberadaan hewan ini. Tapir adalah hewan mamalia yang memiliki ukuran tubuh cukup besar hingga seperti seekor kambing.

Untitled

Sebenarnya hewan tersebut merupakan hewan asli Asia dan beberapa diantaranya cukup banyak ditemukan di hutan Indonesia khusunya di wilayah Sumatera. Terdapat bermacam- macam jenis spesies hewan Tapir yang juga hampir tersebuar diseluruh Indonesia hanya saja Tapir yang ada di Asia tersebut merupakan Tapir yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Bahkan Tapir Sumateralah yang dinobatkan sebagai hewan Tapir yang memiliki ukuran tubuh paling besar. Hewan tersebut mampu memiliki ukuran tubuh dengan tinggi 1 meter dan berat 500 kg. berbeda dengan hewan lainnya, Tapir jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan Tapir betina.

Dalam kesehariannya, Tapir biasanya memakanan dedaunan yang ada disekitarnya seperti rumput, pucuk daun, dan buah- buahan sehingga digolongkan sebagai hewan herbivora. Sebenarnya bentuk hewan Tapir tersebut lebih seperti babi hanya saja dengan dengan ukuran tubuh yang lebih besar dan warna yang berbeda yaitu warna hitam atau keabu- abuan.

Trenggiling memiliki bentuk telinga yang sama seperti badak namun memiliki bentuk mulut atau moncong yang sama seperti Trenggiling. Hal ini yang membuat hewan Tapir menjadi hewan yang memiliki bentuk unik karena seperti terdiri dari kombinasi beberapa hewan mamalia yang lainnya.

Dalam kehidupannya, Tapir tersebut merupakan hewan yang hidupnya sendiri atau soliter. Hanya saja biasanya saat musim kawin tiba, Tapir tersebut akan berkumpul dengan yang lainnya untuk mencari pasangannya dan berkemabng biak.

Bayi Tapir yang baru lahir biasanya memiliki warna tubh yang berbeda dengan warna induknya yaitu memiliki kulit dengan warna kecoklatan.

Aktivitas hewan Tapir sebenarnya lebih banyak dilakukan pada malam hari sehingga hewan tersebut juga digolongkan sebagai hewan nocturnal. Hanya saja tak jarang banyak orang yang menemukan Tapir tersebut juga tetap berartivitas pada siang hari namun tidak terlalu aktif.

Meski keberadaannya sering di darat namun, Tapir juga ternyata termasuk hewan yang sangat pandai berenang bahkan untuk menghindari predator. Tapir akan menetap diperairan tersebut dalam waktu yang lama.

Selain itu keunikan lainnya ternyata Tapir juga mampu memanjat pohon dan tebing- tebing yang curam hal ini dikarenakan biasanya Tapir tersebut akan memakan daun-daunan yang ada ditempat- tempat tersebut. Namun, sayangnya keberadaan hewan Tapir semakin sedikit dan langka karena banyaknya aktivitas manusia yang membalakkan atau menebang hutan sehinggamenggangu habitat aslinya.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *