Mengenal Lebih Jauh Ikan Piranha serta Keunikannya

Mengenal Lebih Jauh Ikan Piranha serta Keunikannya – Ikan piranha memiliki nama latin Pygocentrus Nattereri yang memang merupakan salah satu ikan yang sangat terkenal dengan keganasannya.

Ikan ini dianggap ganas karena bersifat karnivora, yaitu memakan daging dari makhluk hidup yang lainnya. Ikan piranha memiliki bentuk fisik yang unik dan cenderung seram sehingga banyak orang percaya bahwa ikan ini termasuk kedalam ikan purba.

sepu

Piranha merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di sungai- sungai Amerika Selatan, Venezuela.

Piranha termasuk kedalam ikan yang hidupnya berkelompok atau berkoloni. Saat mencari mangsa sebenarnya ikan piranha tersebut dapat mencari sendiri namun, saat mendapatkan mangsa dengan ukuran yang lebih besar maka mereka akan menghabiskannya dengan cara berkelompok.

Dalam satu kelompok ikan tersebut dapat mencapai hingga ratusan ekor dan dikenal sebagai ikan yang sangat agresif karena kecepatannya bergerak saat berenang dan memangsa buruannya tidak diragukan lagi.

Ikan piranha dengan sifatnya yang karnivora mampu mencabik- cabik mangsanya karena memiliki gigi yang sangat tajam dan dalam jumlah yang banyak.

Gigi- gigi ikan piranha tersebut berbentuk sangat runcing dan tipis namun mampu menembus bagian kulit hingga kedalam daging hewan yang dimangsanya.

Struktur gigi yang mereka miliki mampu menguliti mangsanya hingga tidak tersisa. Ikan piranha juga dikenal sebagai ikan yang tidak pernah merasa kenyang dan memiliki nafsu makan yang sangat tinggi.

Bila ikan-ikan tersebut tidak mendapatkan mangsa dalam waktu yang cukup lama maka mereka akan memakan jenis ikannya sendiri atau sesamanya sehingga disebut juga sebagai makhluk yang kanibalisme.

Ikan piranha berkembang biak dengan cara bertelur dan sekalinya bertelur akan menghasilkan dan menetaskan ikan-ikan piranha dengan jumlah yang banyak.

Namun, ikan-ikan piranha tersebut terkadang terancam keberadaannya karena mereka akan dimangsa oleh ikan piranha dewasa lainnya.

Ikan piranha juha termasuk kedalam ikan yang snagat sensitif akan bau karena mereka memiliki indera penciuman yang sangat tajam.

Ikan ini sangat sensitif terhadap bau darah yang dapat mereka cium dari jarak yang sangat jauh. Saat terdapat darah yang menetes dari makhluk lain ke dalam sungai, ikan-ikan piranha akan segera berdatangan dengan cara berkelompok dan langsung menerkam mangsanya.

Saaat ini ikan piranha mulai mudah ditemukan dimana saja karena telah banyak dikembangkan dan dibudidayakan oleh para pecinta ikan karena piranha tersebut merupakan ikan yang unik.

Baca Artikel Lainnya :

Namun, sebenarnya di Indonesia sendiri ikan piranha tersebut telah dilarang untuk diperjualbelikan namun ikan tersebut juga termasuk ikan yang dilindungi karena tergolong kedalam ikan purba yang keberadaannya harus dilestarikan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *