Mengenal Lebih Jauh Kehidupan Penyu

Mengenal Lebih Jauh Kehidupan Penyu – Kamu sering sulit membedakan antara penyu dengan kura- kura? Bukan hanya kamu, banyak orang lain juga yang terkecoh karena rupa dan bentuknya yang hampir mirip.

1

Perbedaan yang paling mencolok dan mudah diingat yaitu hewan kura- kura hidupnya didarat dan memiliki bentuk kaki yang membulat serta tebal untuk berjalan, sedangkan jika hewan penyu lebih banyak menghabiskan hidupnya di laut meski beberapa waktu penyu juga menepi di pesisir pantai serta memiliki bentuk kaki yang lonjong dan tipis menyerupai sirip.

Kaki penyu tersebut lebih berguna untuk berenang di laut karena memang keseharian penyu tersebut berada di laut.

Banyak orang yang menyebutkan juga bahwa penyu adalah kura-kura laut sehingga banyak diantara kita yang hampir sulit untuk membedakan kedua hewan tersebut.

terdapat beberapa fakta unik mengenai penyu yang informasinya dapat menambah pengetahuan kita. Yuk kita lihat apa saja informasinya.

  1. Penyu ternyata sudah berada di bumi sejak jaman jura atau sekitar 145.208 juta tahun yang lalu atau seusia dengan peradaban dinosaurus. Oleh sebab itu penyu juga kadang dipercaya oleh banyak orang bahwa hewan tersebut merupakan hewan peradaban dinosaurus yang tidak mudah dan mampu bertahan perkembangannya hingga sekarang. Pada jaman dahulu tersebut nama penyu adalah Archelon yang memiliki bentuk tubuh yang lebih panjang hingga mencapai enam meter. Seiring berkembangnya jaman dan terjadi evolusi, bentuk dan ukuran penyupun dapat mengalami perubahan.
  2. Hewan penyu ternyata bernafas menggunakan paru- paru meski tinggalnya kebanyakan berada di laut. Untuk mendapatkan suplai oksigen yang cukup terkadang penyu sesekali naik ke atas permukaan laut untuk mengambil nafas dan kemudian masuk kembali ke dalam laut untuk mencari makanan berupa tumbuhan laut dan ikan- ikan kecil.
  3. Kaki hewan penyu sebenarnya adalah berupa tungkai yang berfungsi sebagai pendayung saat penyu berenang di dalam air.
  4. Penyu mampu menempuh perjalanan berenangnya hingga 3000 km selama 58-73 hari dalam sekali melakukan migrasi. Hal ini yang membuat penyu dikatakan sebagai hewan yang tidak setia terhadap tempat tinggal dan kelahirannya karena penyu akan terus mengalami perpindahan tempat tinggal.
  5. Penyu berkembang biak dengan cara bertelur dan saat bertelur ia mampu menghasilkan puluhan hingga ratusan telur penyu yang disimpannya di daratan pesisir pantai hingga telur- telur penyu tersebut menetas.
  6. Penyu dikenal memiliki kemampuan bertahan hidup hingga ratusan tahun, maka tak heran banyak penyu yang ditemukan dan saat dilakukan penelitian penyu- penyu tersebut telah berumur puluhan hingga ratusan tahun. Kecuali penyu diburu hingga mengakibatkan kematian.

Bava Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *