Mengenal Lebih Jauh Kumbang Koksi

Mengenal Lebih Jauh Kumbang Koksi – Kamu tahu serangga kumbang kecil berwarna merah dengan corak bintik hitam pada tubuhnya?

Ya serangga yang berukurang kecil dan memiliki bentuk serta warna corak yang lucu dan indah ini menjadi salah satu hewan yang digemari banyak orang.

Untitled

Karena keunikannya tersebut serangga ini juga sering dijadikan sebagai ikon benda yang sering kita temukan sehari- hari seperti tas anak- anak, bantal, serta benda lainnya.

Banyak orang yang menyebut serangga kecil tersebut sebagai hewan kepik namun, sebenarnya hewan tersebut bukanlah kepik melainkan kumbang Koksi yang dalam ilmiahnya termasuk kedalam serangga dengan ordo Colepotera dan di negara barat hewan ini lebih sering disebut sebagai ladibig atau ladybug.

Keberadaan kumbang Koksi sebenarnya dapat dengan mudah ditemukan hampir diseluruh dunia karena jumlah populasinya yang sangat banyak.

Berdasarkan penelitian, serangga ini kurang lebih ada 5.000 spesies yang menyebar diseluruh dunia dan umumnya berada dan hidup ditumbuhan.

Kumbang koksi merupakan hewan yang hidup berkelompok dan biaanya banyak dijumpai pada tempat- tempat bawah balok kayu, kulit batang pohon / tumbuhan, tumpukan daun, dan bagian tumbuhan yang lainnya.

Biasanya mereka berkumpul ditempat seperti itu untuk melakukan hibernasi terutama saat musim dingin tiba dengan bertahan dari makanan yang mereka kumpulkan sebelumnya.

Serangga kumbang Koksi memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga sering dimangsa oleh hewan yang berukuran lebiuh besar (predator) sebagai makanannya.

Namun, serangga tersebut juga mamapu mempertahankan dirinya dengan cara membalikan tubuhnya sehingga musuhnya tersebut menganggap bahwa kumbang tersebut telah mati.

Selain itu hewan tersebut juga akan mengeluarkan cairan yang berwarna kuning dan memiliki bau yang kurang sedap sehingga musuh predator tersebut tidak jadi memangsanya.

Hewan kumbang Koksi berkembang biak dengan cara bertelur. Kumbang betina akan mencari dan menemukan tempat yang cocok untuk menyimpan telur- telurnya agar terhindar dari predator.

Namun, dalam peletakan telur, kumbang betina tidak akan menaruhnya sembarangan bahkan ia mampu menundanya dengan menyeduaikan iklim dan jenis tanaman yang dikiranya cocok untuk meletakan telur- telurnya tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Bila beberapa hewan serangga dikenal sebagai hama penggangu tanaman, lain halnya dengan kumbang ini.

Kumbang Koksi sebenarnya merupakan serangga yang menguntungkan petani karena ia berperan sebagai pembasmi hama kutu daun dengan cara memangsanya meski terkadang ia juga memakan daun- daunan namun umunya serangg tersebut memakan hama kutu daun dan menjadi sahabat petani.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *