Mengenal Lebih Jauh Penyakit Alzheimer

Mengenal Lebih Jauh Penyakit Alzheimer – Sekarang ini banyak beragam nama penyakit yang sering terdengar dan telah banyak di derita oleh sebagian orang. Penyakit- penyakit tersebut memiliki nama yang unik dan memang merupakan penyakit yang langka. Salah satunya adalah penyakit Alzheimer.

Untitled

Alzheimer merupakan suatu penyakit yang membuat penderitanya mengalami kondisi menurunnya daya ingat hingga berpengaruh terhadap kemampuan ia beraktivitas seperti bersosialisasi dan mengerjakan berbagai hal yang sering atau umum untuk dilakukan.

Penyakit Alzheimer ini dapat terjadi karena adanya gangguan terhadap jaringan otak dan sel- sel yang ada di dalam otak tersebut mati, sehingga fungsi otak tersebut terus mengalami penurunan. Seperti yang diketahui otak merupakan organ yang merupakan pusat dalam tubuh untuk melaksanakan berbagai fungsinya. Apabila fungsi otak terganggu maka segala fungsi anggota tubuh juga akan ikut terganggu dan menurun.

Alzheimer atau orang sering menyebutnya sebagai penyakit “lupa” ini dapat menyerang siapa saja terutama pada usia remaja hingga lanjut usia. Penderita Alzheimer awalnya tidak menyadari akan penyakit yang dideritanya tersebut sehingga sulit untuk dideteksi sejak dini.

Awal gejala dari penyakit ini ialah seseorang tersebut sering mengalami lupa atau tidak dapat mengingat suatu hal dengan baik. Mungkin keadaan tersebut tidak cepat disadari karena lupa sering dianggap sebagai hal umum atau hal yang biasa.

Padahal keadaan tersebut bisa saja merupakan gejala awal dari penyakit ini. Sifat pelupa dari penyakit Alzheimer ini berbeda dengan pelupa pada orang umumnya. Biasanya seseorang yang menderita penyakit tersebut benar- benar tidak menyadari bahwa ia telah melewatkan suatu hal dan sangat sulit untuk mengingatnya. Saat mencoba mengingat hal yang ia lupakan ia akan mulai terbata- bata saat mengucapkan hal tersebut.

keadaan ini seperti penurunan dalam bersosialisasi. Bahkan bila dalam keadaan yang sudah sangat parah, penderita bukan hanya saja lupa terhadap hal- hal yang telah atau yang akan dia lakukan. Namun, penderita akan mulai lupa dan tidak tahu berbuat apa atas hal yang biasanya ia dapat lakukan seperti makan, minum, mandi, dan kegiatan- kegiatan lainnya.

Selain itu penderita juga mulai akan melupakan orang- orang yang berada didekatnya. Penderita tidak akan mengenali orang- orang yang selama ini ia kenal bahkan keluarganya. Selain melupakan orang yang ia kenal dan tidak mampu melakukan segala kegiatan, penderita yang telah mengalami Alzheimer dalam tingkat yang parah akan terganggu segala fungsi tubuhnya seperti berjalan dan menggerakan anggota tubuh lainnya.

Seseorang yang berpotensi terkena Alzheimer merupakan seseorang yang memiliki faktor usia, keturunan, dan gaya hidup. Saat ini berdasarkan penelitian belum ditemukan bagaimana cara penyakit Alzheimer tersebut dapat dicegah. Namun apabila dapat dideteksi sejak dini, penyakit tersebut sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Selain menjaga pola hidup sehat sangatlah penting karena pola hidup sehat tersebut merupakan sumber sehat bagi tubuh.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *