Mengenal Lebih Jauh Penyakit Ebola

Mengenal Lebih Jauh Penyakit Ebola – Ebola merupakan nama salah satu penyakit yang memang telah dikenal sebagai penyakit yang mematikan.

Selain itu ebola juga merupakan penyakit menular yang dapat berakibat fatal karena menyebabkan kematian bagi penderitanya. Penyakit ebola diketahui berasal dari virus ebola yang awal penyebarannya ditemukan di Afrika Barat yaitu dari kelelawar buah yang pertama kali terdeteksi di dekat sungai Ebola di Negara Kongo.

kace

Sungai Ebola tersebut merupakan salah satu sungai yang dimanfaatkan keberadaannya sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari masyarakat disekitarnya. Karena adanya virus yang menyebabkan penyakit maka virus tersebut dinamakan virus Ebola.

Gejala awal penyakit ebola yaitu penderita akan mengalami demam mendadak, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan selalu merasakan lelah yang berkepanjangan.

Selain itu penderita juga sering mengalami muntah dan diare. Mungkin gejala-gejala tersebut seperti gejala penyakit biasa hingga pada keadaan yang telah parah penderita mulai mengalami pendarahan pada beberapa bagian tubuhnya seperti gusi, mata, hidung, dan tinja.

Penderita akan mengalami kematian karena penderita mengalami dehidrasi yang sangat hebat dan kerusakan organ- organ tubuhnya.

Penyakit ebola dapat menular kepada orang lain melalui darah, muntah, feses, dan cairan tubuh yang dikeluarkan oleh si penderita.

Infeksi akan mulai terjadi saat cairan-cairan tubuh dari penderita mulai mngenai tanga, mulut, hidung, dan organ terbuka lainnya pada tubuh orang yang sehat.

Seseorang yang terjangkit virus ebola biasanya dikarantina untyk mencegah penularannya. HAnya saja karena kurangnya pengetahui mengenai gelaja dari penyakit ini dan adanya deteksi yang lamabat mengakibatkan virus ebola ini dengan cepat menular dan menyebar kepada orang- orang disekitarnya.

Berdasarkan penelitian oleh ilmuan dan dokter, belum ditemukan obat yang mampu mematikan dan mencegah penyebaran penyakit dari virus ebola ini hanya saja dengan melakukan pemeriksaan saat gejala penyakit ebola ini mulai dirasakan, penderita biasanya langsung diberikan penambahan cairan tubuh seperti penggunaan infuse dan diisolasi di suatu ruangan tertutup.

Terdapat cara untuk menghindari penulran penyakit ebola ini yaitu dengan menghindari kontak langsung dengan si penderita ebola dan selalu menjaga kebersihan tubuh.

Saat bertemu dan melakukan perawatan terhadap si penderita ebola sebaiknya menggunakan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan sepatu tertutup lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu menjaga sistem imun kita agar tetap terhindar dan sehat dari berbagai macama penyakit agar tidak terkena virus ebola tersebut.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *