Mengenal Lebih Jauh Tentang Mutasi Gen dan Bahayanya

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mutasi Gen dan Bahayanya – Dalam dunia genetika terdapat istilah yang sering kita dengar yaitu mutasi gen atau mutasi genetika. Istilah ini merujuk pada sebuah perubahan yang terjadi dalam urutan nukleotida genom sebuah organisme, virus maupun elemen pada genetik ekstra kromosomal.

2

Mutasi ini memiliki peran cukup besar pada proses biologis yang terjadi secara normal maupun abnormal seperti timbulnya kanker maupun terjadinya pengembangan sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya, mutasi yang disebabkan oleh adanya kimia mutagen atau radiasi, bisa diperbaiki oleh DNA dan juga RNA genom.

Selain disebabkan radiasi, mutasi juga bisa dipicu oleh adanya kesalahan dalam sebuah proses replikasi genetika serta terdapatnya penyisipan maupun penghapusan segmen dari DNA oleh beberapa unsur genetika yang aktif bergerak. Beberapa dampak dari mutasi gen ini seperti:

  • Terjadinya perubahan urutan nukleotida,
  • Tidak memiliki dampak apa-apa.

Mutasi yang menyebabkan perubahan urutan nukleotida

Berdasarkan dari adanya sebuah studi tentang variasi genetik, memperlihatkan hasil bahwa sebuah mutasi akan dapat mengubah protein yang diproduksi oleh sebuah gen.

Hal ini tentu membawa resiko yang cukup berbahaya karena hampir 70% dari polimorfisme asam amino mempunyai efek merusak yang cukup hebat, sedangkan sisanya bisa menjadi netral atau mungkin sedikit menguntungkan karena efek perusaknya mampu dinetralisir oleh DNA ataupun RNA yang dimiliki oleh setiap organisme.

Mutasi yang tidak berdampak apa-apa

Beberapa mutasi yang terjadi pada gen, ternyata juga tidak memiliki dampak apapun. Dicontohkan ketika kodon GAA dimutasikan menjadi GAG. Pada proses ini terlihat bahwa kode genetik mutasi tersebut hasilnya mengalami penurunan sehingga kodon akan tetap dikenali sebagai asam amino glutamat. Mutasi seperti ini juga dikenali sebagai silent mutation.

Terjadinya mutasi

Selama ini, yang sering diketahui adalah mutasi terjadi melalui dua proses yaitu penggantian dan penyisipan. Adapun penjelasannya adalah:

1. Penggantian (substitusi basa)

Salah satu contoh proses ini adalah silent mutation yang dijelaskan diatas, dimana terjadinya perubahan basa nukleotida ternyata tidak memberikan efek apapun.

Pada proses ini dikenal adanya mutasi missense dimana akan dianggap sebagai substitusi basa bila perubahan nukleotida asam amino dikode oleh kodon yang terimbas. Adapun mutasi nonsense dianggap sebagai substitusi basa bila nukleotida kodon berhasil dirubah menjadi kodon stop.

2. Penyisipan (Insersi/Delesi)

Proses ini diawali ketika terdapat nukleotida yang salah tempat ketika dimasukkan atau terhapus dari kodon, dimana akan menimbulkan efek yang cukup hebat.

Proses ini disebut juga sebagai mutasi frameshift, dimana terjadinya penyisipan ataupun penghapusan nukleotida tersebut akan mempengaruhi kodon dalam rangkaian urutan genetik tertentu, dengan cara membuang setiap tiga struktur kodon yang rusak.

Bahaya dari mutasi

Resiko dari munculnya sebuah mutasi dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Kelainan genetika

Seperti kita tahu, setiap sel selalu memerlukan protein dan dapat berfungsi secara tepat. Ketika mutasi terjadi, protein yang sangat penting tersebut diubah menjadi unsur lain sehingga akan terjadi kelainan kondisi.

2. Penyakit keturunan

Biasanya ini terjadi bila mutasi terjadi pada sel kuman atau virus, dimana akhirnya mutasi tersebut akan terbawa hingga pada sel-sel keturunannya. Seperti diketahui mutasi bisa terjadi pada sel somatik organisme, dimana nantinya akan muncul dalam setiap keturunan sel organisme yang sama. salah satu mutasi pada sel keturunan tersebut bisa saja menjadi ganas dan kemudian muncullah bibit kanker.

Jadi pada dasarnya, ketika DNA coba di replikasi dan terjadi kesalahan didalamnya, maka akan muncul mutasi gen dimana memunculkan kelainan genetika. Pada keadaan ini DNA sudah tidak akan dapat diperbaiki secara alami.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Mengenal Lebih Jauh Tentang Mutasi Gen dan Bahayanya

  1. Pingback: Arti dari Mutasi Nonsense dan Contohnya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Pengertian Mutasi Titik dan Contoh Jenis Penyakit | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Pingback: Mengenal Lebih Jauh Kehidupan Ikan Pari (Ikan Melayang) | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *