Mengenal Manfaat Hutan Bagi Manusia

Mengenal Manfaat Hutan Bagi Manusia – Sebagian besar orang akan memiliki keinginan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dengan pergi ke suatu tempat. Bisa saja menonton film di bioskop, menikmati makan malam bersama keluarga di restoran mahal, dan rencana akhir pekan lainnya.

Untitled

Setiap orang tentunya memiliki keinginannya sendiri untuk menikmati waktu senggang tersebut. Sebagian lainnya menginginkan pergi piknik bersama keluarga di daerah pegunungan maupun daerah hutan yang masih terjaga kealamiannya.

Rencana piknik di alam

Bagi Anda yang ingin pergi menikmati keindahan alam maka bisa memilih obyek wisata alami yang dekat dengan tempat tinggal. Atau bisa pula Anda mencoba menikmati piknik bersama keluarga di daerah hutan yang sekiranya mudah dijangkau. Berlibur di hutan tentunya menjadi sebuah pilihan yang mengasyikkan, selain efektif menyegarkan pikiran. Berkunjung ke sebuah hutan juga menjadi rencana liburan murah sebab tidak perlu membayar retribusi. Apalagi ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan keberadaan hutan bagi manusia dan lingkungan sekitar.

Sekilas mengenai manfaat hutan

Bagi masyarakat pedesaan melihat kawasan hutan merupakan hal yang lumrah, terlebih untuk daerah yang masuk jauh dari perkotaan. Namun lain halnya untuk mereka yang bermukim di daerah perkotaan yang padat penduduk. Jangankan melihat hutan, melihat tanaman di daerah penghijauan kota saja sudah harus bersyukur.

Banyak sekali hutan yang dibabat kemudian disulap menjadi pemukiman penduduk, entah untuk perumahan maupun untuk pembangunan proyek lainnya. Namun seiring berjalannya waktu dimana kondisi sekitar semakin kurang bersahabat. Maka semakin banyak orang yang menginginkan penghijauan untuk hutan bisa ada kembali.

Keberadaan kawasan hutan sangat bermanfaat bagi manusia, berikut adalah beberapa manfaat yang diberikan oleh hutan bagi kehidupan:

  • Menyerap karbondioksida (CO2)-Karbondioksida yang berlebihan mampu menjadikan udara di sekitar lebih panas sehingga kurang nyaman untuk ditinggali. Namun pepohonan di daerah hutan mampu menyerap gas tersebut dan menjadikan udara kaya oksigen sehingga lebih segar sekaligus sejuk.
  • Menjadi rumah-Perlu diketahui, bahan ada banyak sekali orang yang menjadikan hutan sebagai tempat tinggal. Terlebih untuk suku pedalaman maupun masyarakat pedesaan yang bahkan menjadikan hutan sebagai sumber penghidupan sehari-hari.
  • Menyimpan air-Pepohonan akan menyerap air dengan baik, kemudian akar pohon juga mampu memperlambat arus air di dalam tanah. Hasilnya keberadaan hutan akan mampu mencegah banjir dengan lebih maksimal.

Hutan menjadi salah satu bentuk keindahan alam yang kaya akan manfaat, maka ada baiknya melestarikan kawasan hutan. Menanam pohon membutuhkan waktu yang lebih panjang dibandingkan hanya sekedar menebangnya untuk kepentingan pribadi.

Pertumbuhan hutan yang tidak sebentar apabila tidak dilestarikan maka besar kemungkinan generasi mendatang tidak akan mengenal hutan. Tidak hanya kehilangan pemandangan indah, namun juga menjadikan tempat tinggal manusia kaya bencana. Baik banjir, tanah longsor, maupun bermukim bersama hewan-hewan yang kehilangan habitat aslinya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Mengenal Manfaat Hutan Bagi Manusia

  1. Pingback: Hutan Sehat, Selamatkan Paru-paru Dunia! | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Membuat Kebun Sebagai Hutan Pribadi | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Pingback: 5 Perlakuan Tidak Adil Terhadap Hutan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *