Mengenal Mutasi Insersi dan Penyebabnya

Mengenal Mutasi Insersi dan Penyebabnya – Dalam pelajaran biologi Kita akan menjumpai beberapa pembahasan menarik, salah satunya ialah mengenai mutasi pada gen. proses mutasi ialah adanya perubahan struktur gen yang mempengaruhi keturunan selanjutnya.

1

Perubahan gen ini bisa memberikan keuntungan kepada keturunan selanjutnya, bisa pula merugikan. Namun ada pula kasus yang terjadinya mutasi gen pada makhluk tidak memberikan perubahan yang berarti, sehingga tidak berpengaruh atau netral. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan apa yang terjadi, apakah merubah struktur normal ke abnormal dan sebaliknya.

Apakah mutasi berbahaya?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa peristiwa mutasi memberikan reaksi yang berbeda. Perbedaan itu antara lain:

  1. Mutasi gen terjadi dan kemudian muncul kondisi yang merugikan.
  2. Mutasi terjadi dan tidak terjadi apa-aa sebagai efeknya sehingga terjadi begitu saja.
  3. Mutasi yang terjadi justru memberikan keuntungan bagi unsur DNA pemilik dan turunannya.

Perbedaan kondisi ini menjadikan mutasi terbagi menjadi beberapa jenis, dan didasarkan pada efek dan perubahan yang terjadi. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai mutasi insersi yang termasuk ke dalam mutasi yang merugikan.

Sesuai dengan namanya, insersi, terjadi pemasukan unsur DNA asing yang menjadikan rantai DNA lebih panjang dari yang seharusnya. Rantai DNA yang memiliki tambahan muatan ini pada akhirnya akan menjadikan tubuh pemilik gen mengalami masalah pengolahan protein.

Protein yang masuk tidak bisa diolah secara maksimal sehingga menunjukkan efek alergi terhadap protein. Kondisi ini bagi makhluk hidup tentu sangat merugikan sebab tubuh sejatinya memerlukan protein namun yang bisa diolah sangat terbatas.

Apa Saja Penyebab Terjadinya Mutasi Insersi?

Mutasi insersi dapat terjadi karena beberapa penyebab, dan penyebab ini ada yang disengaja namun ada pula yang sebaliknya. Penyebab terjadinya mutasi ini disebut mutagen, adapun penyebab tersebut antara lain:

  1. Mutasi secara fisik

Tubuh yang terkena radiasi mampu membentuk perubahan struktur gen, dengan kata lain sudah memicu terjadinya mutasi insersi. Mutagen fisik ini dalam kehidupan sehari-hari diakibatkan oleh tubuh yang terpapar sinar dengan radiasi tinggi ataupun rendah.

Semisal radiasi sinar X, radiasi sinar kosmik, radiasi sinar gamma, dan pada manusia karena radiasi sinar UV dari matahari. Mutagen jenis ini pada dasarnya masuk ke dalam kategori mutagen yang merugikan sebab bisa merubah struktur DNA menjadi berkurang kualitasnya. Semisal paparan sinar X pada manusia akan menjadikan tubuh penerimanya kesulitan dalam mendapatkan imunitas tubuh.

  1. Mutagen secara kimiawi

Sedikit berbeda dengan mutagen fisik, mutagen ini bisa terjadi karena faktor kesengajaan yakni menambahkan unsur kimia dengan tujuan tertentu. Perubahan struktur DNA secara kimiawi ini hingga sekarang terus dikembangkan untuk mendapatkan keturunan unggul.

Penelitian yang berhasil ialah mampu menghasilkan buah semangka tanpa biji yang tentunya menguntungkan manusia dalam mengkonsumsinya. Penelitian terus dikembangkan dengan menambahkan zat kimia tertentu di tubuh tanaman maupun hewan agar menghasilkan produk yang lebih bermanfaat.

Mutasi insersi yang merubah struktur rantai DNA menjadikannya sebagai bentuk mutasi yang bisa diturunkan. Perubahan struktur DNA yang merugikan ini mengurangi kemampuan adaptif tubuh sehingga mengalami berbagai ketidaknyamanan.

Namun Kita tidak perlu risau sebab meskipun penyembuhan belum bisa dilakukan namun ada beberapa tindakan untuk mengurangi efek negatif. Bisa dengan memasukkan zat kimia tertentu atau menghindari produk makanan yang bisa memicu efek negatif dari mutasi yang terjadi sebelumnya. Keluhan pun bisa diminimalisir dengan usaha menghindari apa saja pemicu munculnya efek negatif tersebut.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *