Mengenal Pengertian dan Kegunaan dari Komputer (Computer)

Komputer yang berasal dari kata Computare dalam bahasa latin yang mempunya arti menghitung, merupakan sebuah mesin/alat elktronik yang mampu diprogram agar dapat menerima data dan juga mengolah data tersebut menjadi sebuah informasi yang berguna.

a 66

Pengolahan data tersebut dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP).  Sebuah komputer agar mampu untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna harus mempunyai elemen-elemen yang terdiri dari Brainware (Manusia/Pengguna Komputer), Hardware (Perangkat Keras) dan juga Software (Perangkat Lunak).

Brainware (Manusia) merupakan orang yang terlibat dalam pengoperasian sistem komuter itu sendiri. Brainware (Manusia) sendiri dapat dibagi menjadi, Computer Operator, Data Entry Operator, Computer Programmer, Network Manager, dan Librarian.

Sedangkan hardware (perangkat keras) merupakan peralatan yang terdapat pada sistem komputer yang dapat dilihat oleh mata dan dijamah oleh tangan. Lalu software (perangkat lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah yang bertugas dalam melaksanakan pengolahan data, perangkat lunak sendiri terdiri dari, System Software dan Application Software. Tanpa ketiga elemen tersebut tentunya sebuah komputer tidak akan dapat digunakan.

Komputer saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang sifatnya harus dimiliki oleh manusia modern. Karena komputer sendiri memiliki pernanan yang sangat penting dalam melakukan berbagai kegiatan yang dapat membuat menjadi lebih mudah dan mempersingkat waktu dalam melakukan kegiatan tersebiu. Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan beberapa dari kegunaan komputer bagi manusia :

  1. Kegunaan Komputer di Bidang Keamanan : Komputer dalam bidang keamanan merupakan suatu alat yang mutlak harus ada, karena dengan adanya sebuah komputer satu negara dapat memperkuat pertahanan dari serangan luar, tentunya dengan menggunakan perlatan-peralatan yang berteknologi tinggi satu negara bisa melakukan serangan ataupun bertahan dengan cukup mengendalikan dengan komputer saja.
  1. Kegunaan Komputer di Bidang Kesehatan : Dalam bidang kesehatan, komputer menjadi salah satu alat yang penting dan harus ada dalam rangka menambah efisiensi dan juga efektivitas, salah satu contoh kegunaan komputer dalam bidang kesehatan yaitu penggunaan aplikasi komputer yaitu ultra sonografi atau yang lebih dikenal dengan sebutan USG.
  1. Kegunaan Komputer Sebagai Sarana Pengontrolan : Dalam hal ini komputer mempunyai kegunaan sebagai alat control dalam pemakaian alat-alat kontrol seperti CCTV, Traffic Light, ataupun pada sebuah lift.
  1. Kegunaan Komputer Sebagai Sarana Usaha : Dengan adanya komputer, banyak usaha-usaha yang memanfaatkan kegunaan dari komputer sendiri, seperti usaha dalam bidang percetakan, video/photo editing, sampai dengan usaha warnet. 

Baca Artikel Lainnya :

  1. Kegunaan Komputer Sebagai Sarana Informasi : Kegunaan Komputer dalam hal ini adalah jika komputer mempunyai sebuah koneksi internet dimana dengan adanya hal tersebut para pengguna komputer dapat mencari informasi-informasi yang mereka inginkan, mulai dari berita-berita, artikel, dan lain sebagainya.
  1. Kegunaan Komputer Sebagai Sarana Komunikasi : Komputer juga sangat berguna dalam hal komunikasi karena dengan adanya sebuah komputer yang harus terhubung internet, para penggunanya dapat mengirim sbeuah gambar, audio, maupun video melalu sebuah e-mail atau aplikasi pengerim dan penerima pesan lainnya.

Sekian uraian tentang pengertian dan kegunaan dari komputer, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *