Mengenal Pengertian dan Perbedaan Respirasi Aerob dan Anaerob

Semua makhluk hidup di dunia ini memerlukan sumber energi untuk bisa bertahan hidup, yang mana sel-sel tubuh membutuhkan energi tersebut. Setiap jenis makhluk hidup memiliki cara tersendiri atau sumber energi yang berbeda.

f 16

Sehingga kebutuhan energi diperoleh dengan langkah yang berbeda, bisa dari dalam diri makhluk hidup itu sendiri. Bisa pula yang bersumber dari luar, semisal makanan sebagai pemasok energi pada tubuh manusia.

Khusus untuk makhluk hidup autotrof mampu menghasilkan energi yang sumbernya dari dalam tubuhnya sendiri. Namun agar sumber energi tersebut dapat menjadi energi yang diperlukan sel maka perlu bantuan dari pihak luar.

Makhluk autotrof ini membutuhkan cahaya matahari dalam proses pengubahan sumber energi menjadi energi yang diperlukan. Contoh makhluk autotrof adalah jenis tumbuhan yang melakukan fotosintesis dengan bantuan sinar matahari.

Pengertian Respirasi

Respirasi secara kompleks dapat diartikan sebagai proses pergerakan yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup untuk memecah senyawa tertentu sebagai penyokong kegiatan di dalam tubuhnya. Kegiatan respirasi ini memang dilakukan oleh semua makhluk di dunia yang bernyawa dan dilakukan setiap detik.

Dalam ilmu biologi maka Kita akan mengetahui ada dua jenis respirasi, respirasi ini dipengaruhi oleh seberapa besar keterlibatan oksigen yang diperlukan. Adapun jenis respirasi tersebut meliputi:

  1. Respirasi Aerob

Respirasi aerop merupakan aktivitas katabolisme tubuh suatu makhluk yang bisa terjadi apabila dalam suasana aerobic. Sehingga dalam jenis respirasi ini kebutuhan akan oksigen sangat tinggi dan menghasilkan energi yang juga tinggi. Hasil reaksi berupa energi yang cukup besar ini kemudian oleh makhluk tersebut disimpan dahulu dalam bentuk ATP.

Simpanan ATP ini kemudian oleh makhluk tersebut digunakan untuk menunjang aktivitas sel. Secara umum digunakan untuk kebutuhan penunjang pertumbuhan fisik, bergerak, proses reproduksi, dan juga transportasi.

Respirasi aerob ini secara sederhana terbagi menjadi tiga tahapan yang kemudian mampu menghasilkan energi kapasitas besar. Tahapan tersebut meliputi:

  1. Glikolisis, merupakan proses pemecahan glukosa menjadi asam piruvat.
  2. Siklus kreb, merupakan proses perubahan molekul asetil menjadi asam sitrat dan oksalosetat.
  3. Transport elektron, merupakan reaksi reduksi dan menghasilkan ATP serta H2
  1. Respirasi Anaerob

Merupakan kebalikan dari respirasi aerob, sehingga dalam proses respirasinya atau pernafasan tidak memerlukan kehadiran oksigen. Proses respirasi bisa terjadi tanpa adanya oksigen karena terjadi di dalam lapisan sitoplasma. Tujuan dari respirasi ini ialah untuk mengurai senyawa organik, yang kemudian hanya menghasilkan energi yang lebih terbatas.

Respirasi anaerob ini bisa dijumpai pada peristiwa fermentasi bahan makanan tertentu dan juga proses intra molekul. Apabila pada respiras aerob mampu menghasilkan H2O dan memecah CO2 secara sempurna, maka pada anaerob terjadi sebaliknya.

Respirasi anaerob melepaskan hidrogen yang kemudian akan bergabung dengan asam piruvat dan asetaldehida. Hasil akhir dari respirasi ini ialah asam laktat dan juga etanol, yang kehadirannya akan membentuk energi yang tidak terlalu besar.

Hal ini menjadikan proses fermentasi perlu dibungkus agar tidak ada oksigen atau meminimalisir masuknya oksigen dalam proses respirasinya. Bentuk energi yang dihasilkan berbeda namun tetap diperlukan oleh makhluk hidup.

Secara singkat dapat dikatakan bahwa respirasi aerob dilakukan untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh yang besar. Menggunakan dan memang membutuhkan oksigen dan terjadi di dalam matriks mitokondria.

Respirasi ini kemudian bertujuan untuk mengubah senyawa organik menjadi senyawa non-organik. Sementara respirasi anaerob tidak memerlukan oksigen dan bertujuan memecah senyawa tertentu. Prosesnya pun terjadi di sitoplasma, dan menghasilkan energi lebih kecil dalam bentuk 2 ATP.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *