Mengenal Penyusun dan Sifat Membran Sel

Mengenal Penyusun dan Sifat Membran Sel – Setiap makhluk hidup pasti memiliki membran sel, yang secara ilmiah dikenal dengan istilah Plasmolemma. Membran sel pada dasarnya terletak di bagian terluar dari sebuah sel, yang mana setiap sel ini menjadi penyusun dari tubuh makhluk hidup secara keseluruhan. Menjadi bagian terluar membuat membran sel merupakan bagian yang sifatnya sebagai protektor atau pelindung. Sehingga sel lebih stabil dalam menjaga fungsinya untuk keseimbangan organ di dalam tubuh.

a

Beberapa penyusun dari membran sel

Membran sel pada dasarnya tersusun atas lapisan-lapisan lemak yang terdiri atas beberapa jenis molekul protein. Adapun molekul protein yang menjadi penyusun lapisan lemak pada membran sel adalah:

  1. Protein ekstrinsik atau peripheral, yang terletak antara lapisan fosfolipid, protein ini memiliki sifat tidak akan mudah larut ke dalam air.
  2. Protein instrinsik atau integral, letaknya tenggelam diantara lapisan fosfolid dan memiliki sifat kebalikan dari protein ekstrinsik, yakni mudah larut di dalam air.

Selain tersusun oleh lapisan-lapisan protein yang cukup banyak, membran sel pada dasarnya juga tersusun oleh zat-zat lain. Beberapa adalah seperti karbohidrat, yang mana secara umum saling terikat dengan zat gula atau dengan air yang ada di dalam tubuh. Tidak semua membran sel memiliki lapisan karbohidrat, dan hal ini bisa disebabkan oleh kadar gula maupun lemak yang terdapat di dalam tubuh itu sendiri.

Sifat-sifat membran sel

Letak membran sel yang ada di bagian terluar sebuah sel, maka menjadikan bagian satu ini memiliki fungsi utama sebagai pelindung. Karena fungsi inilah membuat membran sel memiliki sifat-sifat yang khas, berikut diantaranya:

  1. Semi permeable, sifat ini menjadikan membran sel mampu dilewati oleh zat cair berupa air yang masuk ke dalam tubuh.
  2. Selektif permeable, sedikit berbeda dengan sifat sebelumnya, disini membran sel akan selektif atau hanya bisa dilalui oleh ion-ion tertentu sehingga tidak semuanya bisa melewati membran sel.
  3. Dialisis, sifat ini menjadikan membran sel berfungsi sebagai penyaring sebab mampu memisahkan molekul kecil dari molekul yang lebih besar.

Adanya sifat-sifat inilah yang membuat sel bisa bekerja lebih maksimal karena setiap zat yang masuk akan disaring terlebih dahulu. Apabila ada zat yang molekulnya kecil akan lebih mudah menembus membran sel, dan begitu pula sebaliknya. Sifat dialisis membuat membran sel mampu memecah zat yang molekulnya besar menjadi lebih sederhana.

Secara garis besar membran sel memiliki fungsi-fungsi yang sangat dominan, yakni sebagai pelindung dan juga reseptor. Mampu menerima berbagai zat yang akan masuk ke bagian dalam tubuh sel, namun juga menjadi pelindung. Sebab tidak semua zat yang menyentuh membran sel bisa menembusnya dan masuk ke dalam sel inti.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *