Mengenal Peranan Pemerintah Dalam Kegiatan Ekonomi

Di Negara Indonesia ini, peran pemerintah dalam hal perekonomian tentu amat sangat berpengaruh di dalamnya.

Meski begitu, pemerintah tidak seluruhnya aktif dalam membangun perekonomian masyarakat karena maysrakat sendirilah yang harus meningkatkan perekonomian mereka dengan dukungan yang ada dari pemerintah.

q 123

Berikut ini ada beberapa peran pemerintah dalam ekonomi untuk membangun masyarakatnya agar mendapatkan tingkat perekonomian yang baik, silahkan disimak.

  • Kegiatan konsumsi dari pemerintah

Dalam menjalankan pemerintahannya, tentu pemerintah membutuhkan barang dan juga jasa. Konsumsi dalam kegiatan pemerintahan dapat berupa pembelian alat tulis kantor, alat kedokteran, pembelian alat bagi penunjang pendidikan, dan masih banyak lagi biaya konsumsi yang lainnya.

  • Kegiatan produksi pemerintah

Dalam rangka mewujudkan kemakmuran bagi rakyatnya, pemerinta turut ikut berperan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan.Hal tersebut sesuai dengan UUD pemerintah tahun 1945 pasal 33 ayat 2.

Dalam hal ini, peran pemerintah dalam ekonomidapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan usaha hampir di seluruh sektor untuk perekonomian.

Peran tersebut seperti; memberikan sumbangan untuk perekonomian nasional umumnya dan khususunya bagi penerimaan Negara, mencari keuntungan, menyelenggarakan kemanfaatan, menjadi perintis bagi kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan, dan turut aktif dalam memberikan bimbingan dan bantuan bagi pengusaha golongan lemah.

  • Kegiatan distribusi pemerintah

Selain dalam hal konsumsi, peran pemerintah dalam ekonomijuga ada dalam kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi tersebut seperti:

-Menyalurkan bantuan bagi operasional sekolah (BOS), hal ini dilakukan untuk menyediakan buku pelajaran dan sebagainya.

-Memberikan bantuan untuk rakyat miskin yang berupa raskin melalui BULOG

Selain dari kegiatan pokok dalam hal ekonomi yang telah disebutkan di atas, peran pemerintah dalam ekonomijuga sebagai pengatur dan juga pelaksana bagi kebijakan yang ada.

Baca Artikel Lainnya :

Dalam hal pengaturan, pemerintah mengeluarkan berbagai pengaturan yang ada hubungannya dalam kegiatan ekonomi. Tujuannya dari pembuatan kebijakan ini adalah agar kegiatan ekonomi yang ada dapat dijalankan secara wajar dan juga tidak akan merugikan masyarakat.

Selain dari peraturan yang disebutkan, tentunya masih banyak peraturan lain yang ada seperti pendirian industry, ekspor, perbaikan dalam hal lalu lintas, kebijakan dalam hal fiscal dan moneter, dan masih banyak lagi.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *